Rumah Sakit BUMN Punya Induk: Indonesia Healthcare Corp

Ekonomi  SELASA, 11 FEBRUARI 2020 | 11:55 WIB

Rumah Sakit BUMN Punya Induk: Indonesia Healthcare Corp

MoeslimChoice | Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan membuatkan induk perusahaan (holding company) untuk membawahkan rumah-rumah sakit kelolaan aneka BUMN. Target perampungan pembentukan holding rumah sakit BUMN ini tutas pada akhir 2020 secara bertahap.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, holding rumah sakit BUMN itu akan berada di bawah kendali PT Pertamina Bina Medika IHC (Indonesia Healthcare Corporation) pada akhir 2020. "Kita usahakan semuanya tahun ini," kata Menteri BUMN Erick Thohir di Hotel Fairmont, Jakarta, 10/2/20.

Erick mengatakan, proses konsolidasi rumah sakit akan dimulai dari rumah sakit milik PELNI dan Pertamina terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan konsolidasi dengan rumah sakit BUMN lainnya. "Yang pertama kan PELNI dengan Pertamina dulu, habis itu baru dengan PTPN, Pelindo, dan lain-lain," ujarnya.

Erick berharap konsolidasi rumah sakit BUMN pada tahap pertama itu akan membuat keduanya fokus menjalankan bisnis sesuai dengan core bisnisnya. Dengan begitu kata dia, rumah sakit BUMN nantinya tidak hanya menjalankan bisnis namun juga bisa melayani masyarakat sebaik-baiknya.

"Kalau sistemnya jalan, saya yakin BUMN hospital bisa lebih baik dari swasta karena tidak ego, melayani masyarakat meski bisnis juga. Tidak seperti swasta yang pure bisnis," ungkapnya.

Erick menambahkan, dengan adanya holding rumah sakit yang fokus pada bidang-bidang tertentu, akan membuat banyak rumah sakit BUMN dapat dikelola lebih profesional.

Sebagai operator holding, IHC bersinergi dengan seluruh angggota yang terdiri dari 65 rumah sakit BUMN yang tersebar di seluruh Indonesia.


Komentar Pembaca
Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Rabu, 20 Mei 2020 | 21:05

Bubarkan Fpi

Bubarkan Fpi

Ahad, 03 Mei 2020 | 19:55