Di Muba, Gambir Bisa Bikin Petani Kaya

Tentang Sumsel  SENIN, 10 FEBRUARI 2020 | 17:21 WIB | Rahmad Romli

Di Muba, Gambir Bisa Bikin Petani Kaya

MOESLIMCHOICE. Tanaman gambir bagi sebagian orang mungkin hanya tanaman biasa namun bagi Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) tanaman ini memiliki nilai komoditi yang tinggi terutama untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Tak hanya fokus di hulu, kini Muba juga mengembangkan perintisan dari hulu hingga hilirisasi komoditas utama masyarakat. Utamanya  karet dan sawit. Untuk dua komoditas ini Dodi Reza Alex, Bupati Muba,  berhasil membantu dan meningkatkan harga jual komoditi tersebut.

Dodi juga kondang sebagai pemimpin yang pertama membuat program replanting kelapa sawit hingga hilirisasi industri biofuel nabati berbahan baku sawit. Pasar pun juga diperkuat dengan pembentukan UPPB karet di tiap desa dan menyerap hasil karet rakyat untuk aspal karet.

Program hilirisasi diperluas dengan   merintis komoditas Gambir yang ada di Desa Toman dan Desa Persiapan Toman Baru Kecamatan Babat Toman. Di dua lokasi ini disiapkan  lahan Gambir seluas 35 hektar.  Selain lahan juga dibangun rumah produksi Gambir

Di rumah produksi ini digenjot sektor hilirnya sebagai produk turunan gambir berupa Gambo Muba. Produk Gambo Muba kini masyur di jagat mode dunia.  Di pasar manca negara produk turunan gambir punya merek Jumputan Gambo Muba. Pelopor sekaligus inisiatornya  adalah Thia Yufada, Ketua TP PKK Muba.

Semua gagasan ini terungkap saat  acara peringatan hari jadi Desa Persiapan Toman Baru ke-2 Kecamatan Babat Toman dan penanaman perdana tanaman Gambir Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex.  Dodi menyatakan Pemkab Muba akan menjaga keberlangsungan tanaman Gambir dengan target 200 hektare pada tahun 2023 mendatang.

"Kami minta dinas terkait benar-benar menjaga pasokan gambir ini, khususnya di Desa Toman dan Toman baru.  Penanaman perdana hari ini sebagai awal tercapainya hal tersebut," ujar Dodi di Lahan Penanaman Perdana Gambir Desa Persiapan Toman Baru.

Terkait dengan Desa Persiapan Toman Baru ia menyampaikan Pemkab Muba bersama DPRD Muba akan mengupayakan secepatnya menjadikan desa definitif.

"Insyaallah dibawah kepemimpinan kami desa ini akan menjadi desa definitif secepatnya," ucapnya.

Camat Babat Toman Aswin SSTP MSi mengatakan penanaman pohon Gambir  seluas 35 hektar pada tahun 2020 itu 10 hektar diantaranya adalah CSR dari PT ConocoPhillips.

"Sehingga saat ini total lahan Gambir di Kecamatan Babat Toman terutama di Desa Toman dan Desa Persiapan Toman Baru seluas 66 hektar.  Dari jumlah ini, 31 hektar adalah milik masyarakat yang telah produksi," tutur Aswin.

Aswin mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Muba khususnya kepada TP PKK Muba dan perangkat daerah terkait telah all out mendukung dan memperkenalkan Gambo Muba ke dunia luar sehingga menjadi salah satu icon Kabupaten Muba.

"Selain itu kami sangat berterimakasih juga TP PKK Muba telah membina dan membimbing Desa Toman sehingga berhasil menjadi juara UP2K tingkat Provinsi dan mewakili Sumsel ke tingkat Nasional," tandasnya. [rhd]


Komentar Pembaca