Film Korea "Parasite" Raih 4 Penghargaan Oscar

Internasional  SENIN, 10 FEBRUARI 2020 | 17:25 WIB

Film Korea

foto/net

 

Moeslimchoice. Untuk pertama kalinya film berbahasa asing (non-Inggris) menjadi film terbaik di ajang bergengsi Academy Award alias oscar. Yups, film Korea Selatan Parasite berhasil memenangkan penghargaan Best Picture (Film Terbaik), serta tiga penghargaan Oscar lainnya dalam sejarah pertama bagi negara tersebut.

Sutradara Parasite, Bong Joon-ho mengatakan, dia merasa terhormat dianugerahi penghargaan Best Original Screenplay (Skenario Terbaik), Oscar pertama untuk industri film besar Korea Selatan.

Tetapi seiring berlalunya malam, film ini juga keluar di atas kategori yang semakin bergengsi, termasuk penghargaan Film Fitur Internasional Terbaik, Sutradara Terbaik untuk Bong Joon-ho, dan penghargaan tertinggi, Film Terbaik.

"Saya siap minum malam ini," canda Bong, setelah mengucapkan terima kasih kepada para pemeran dan staf selama sambutan penerimaannya untuk penghargaan Film Fitur Internasional.

Produser eksekutif, Kwak Sin-ae mengatakan dia "tidak bisa berkata apa-apa" setelah film tersebut memenangkan Best Picture.

Hashtags Parasite dan DirectorBongJoonho adalah yang paling populer di Twitter Korea Selatan, sementara nama film adalah yang paling dicari di portal web Naver lokal setelah kemenangan.

Parasite, sebuah satiris tentang kesenjangan besar antara si kaya dan si miskin di Korea Selatan, mendapatkan nominasi untuk film terbaik, sutradara terbaik, dan desain produksi terbaik, di samping skenario film terbaik dan nominasi fitur internasional terbaik.

"Sama seperti BTS memiliki daya tarik populer dengan melemparkan masalah-masalah yang dilalui pemuda di mana-mana di dunia, 'Parasite' memperoleh pemahaman global dengan menunjukkan masalah kesenjangan antara si kaya dan si miskin," kata kritikus budaya pop, Kim Hern-sik, merujuk pada grup K-pop yang telah menemukan kesuksesan luas di Amerika Serikat dan di seluruh dunia.

Sementara industri film Korea Selatan adalah salah satu yang terbesar di dunia, 'Parasite' berbahasa Korea membuat gelombang yang belum pernah terjadi sebelumnya di dunia internasional.

Setelah nominasi diumumkan pada Januari lalu, Bong Joon-ho mengatakan, dia melihatnya sebagai tanda bahwa bahasa tidak lagi menjadi penghalang bagi kesuksesan global.

Salah satu klip membuat putaran di media sosial Korea Selatan mengejek wartawan yang bertanya kepada Bong, mengapa ia membuat film dalam bahasa Korea.

"Dia seharusnya bertanya kepada Scorsese atau Tarantino mengapa mereka merekam film mereka sendiri dalam bahasa Inggris," kata seorang komentator, merujuk pada sutradara lain yang dicalonkan.

Klip lain yang populer di media sosial Korea Selatan adalah gambar gerak lambat para pemain menikmati malam di karpet merah, menghibur bintang-bintang dan berharap yang terbaik dari mereka.

Duta Besar AS untuk Korea Selatan, Harry Harris pun men-tweet, "Kami sedang melakukan pesta menonton di kedutaan makan jjapaguri", mengacu pada hidangan mie yang dinikmati keluarga kaya dalam film. [mt/arabiya]


Komentar Pembaca