Pentolan Golkar Ini Ambil Formulir Bacabup Pacitan di DPC Partai Demokrat

Daerah  SABTU, 08 FEBRUARI 2020 | 18:45 WIB

Pentolan Golkar Ini Ambil Formulir Bacabup Pacitan di DPC Partai Demokrat

Gagarin Sumrambah, Wakil Ketua DPRD Pacitan dari Partai Golkar, mengambil formulir pendaftaran Bacabup di DPC Partai Demokrat

MoeslimChoice | Suhu politik di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, jelang Pilkada Serentak 2020, terus meninggi.

Sejak Kamis (6/2/2020), Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat membuka pengambilan formulir pendaftaran Bakal Calon Bupati (Bacabup) Pacitan periode 2020-2025.

Tak ayal, mereka yang memiliki minat bertarung di Pilkada 2020 pun berduyun-duyun menghampiri markas partai “penguasa” Pacitan tersebut.

Bahkan, hari ini, Sabtu (8/2/2020), Gagarin Sumrambah, pentolan Partai Golkar sekaligus Wakil Ketua DPRD Pacitan, turut mengambil formulir pendaftaran Bacabup di partai besutan Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), itu.

Kehadiran Gagarin Sumrambah untuk mengambil formulir pendaftaran Bacabup Pacitan di DPC Partai Demokrat itu menimbulkan berbagai spekulasi politis.

Namun, Sekretaris Tim Penjaringan Bakal Calon Bupati DPC Partai Demokrat Pacitan, Kristanto Waluyo, menjelaskan, siapapun bisa dan berhak untuk mengajukan dan mendaftarkan diri sebagai Bacabup melalui Partai Demokrat.

“Partai Demokrat terbuka untuk siapapun mendaftrakan diri sebagai calon. Seperti hari ini, Pak Gagarin, yang notabene dari Partai Golkar. Itu adalah hak seseorang untuk berdemokrasi. Dan, sampai tanggal 11 Februari nanti, pendaftaran masih kami buka,” jelas Kristanto Waluyo kepada Kontributor MoeslimChoice di Pacitan, Suluh Apriyanto, Sabtu (8/2/2020).

Sementara itu, saat dihubungi melalui sambungan telepon selular, salah satu pengurus DPC Partai Demokrat Pacitan, Sukatno, menyampaikan statement yang sedikit berbeda.

Menurutnya, kalau sebatas mendaftar, silakan saja. Tapi, soal rekomendasi, tetaplah harus diberikan kepada kader Partai Demokrat.

“Sebagai pengurus DPC Partai Demokrat, saya sangat berharap yang mendapat rekomendasi itu mestinya kader Partai Demokrat sendiri. Karena, kalau kader, militansinya terhadap partai sudah jelas, dan ikut membesarkan partai. Ini pendapat saya, realistis adanya,” ucap Sukatno kepada MoeslimChoice.

Diketahui, Partai Demokrat kini menduduki 14 dari 45 kursi di DPRD Pacitan. Pada Pemilu 2019, ia menguasai 28,9% suara di tanah kelahiran SBY ini, mengungguli Partai Golkar (17,21%) dan PDIP (11,01%). [yhr]


Komentar Pembaca