BAZNAS Kuatkan Pemberdayaan Masyarakat di Tahun ini

Sosial  SABTU, 08 FEBRUARI 2020 | 03:30 WIB | Natasha

BAZNAS Kuatkan Pemberdayaan Masyarakat di Tahun ini

MoeslimChoice | Pada tahun 2020, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) akan lebih terlibat dalam penguatan pemberdayaan ekonomi nasional. 

Kepala Divisi Pengumpulan Retail BAZNAS Fitriansyah Agus Setiawan menyatakan program distribusi BAZNAS tahun 2020 akan lebih membantu pemerintah dalam hal pengentasan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan kaum mustahik. 

"Untuk tahun ini, Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT)  untuk penguatan pemberdayaan ekonomi akan dinaikkan," kata Fitriansyah kepada Moeslim Choice, Jumat (7/2/2020). 

Untuk jumlah, ia menyebutkan belum ada data tepat. Karena masih menunggu hasil pengajuan ke Departemen Keuangan. "Tapi pastinya, program pemberdayaan akan difokuskan agar lebih berkelanjutan dan berdampak pada kaum mustahik," ujarnya. 

Fitriansyah memaparkan komitmen BAZNAS ini diwujudkan dalam beberapa program. Misalnya, Zakat Community Development (ZCD). 

"Pada program ZCD ini, BAZNAS melakukan pemberdayaan dengan menyelaraskan sisi ekonomi, sosial, pendidikan dan kesehatan kaum mustahik," paparnya. 

Untuk jumlah pembiayaan, menurutnya, bergantung pada kebutuhan masing-masing dan untuk penyaluran, BAZNAS Pusat bekerja sama dengan BAZNAS Daerah. 

"Kalau untuk pengumpulan, BAZNAS saat ini menghimpun dari online dan offline. Pada tahun 2019, yang offline tercatat Rp100 miliar dan online sekitar Rp40 miliar," pungkasnya. (amn) 


Komentar Pembaca
Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Rabu, 20 Mei 2020 | 21:05

Bubarkan Fpi

Bubarkan Fpi

Ahad, 03 Mei 2020 | 19:55