Seleksi Petugas Haji Tahap I di Jateng, Diikuti oleh 638 Orang

Nasional  RABU, 05 FEBRUARI 2020 | 16:45 WIB

Seleksi Petugas Haji Tahap I di Jateng, Diikuti oleh 638 Orang

foto/net

Moeslimchoice. Kementerian Agama telah menggelar seleksi petugas haji 1441 H/2020 M secara serentak di 494 Kabupaten/Kota pada 4 Februari 2020 kemarin.

Sebanyak 638 orang yang mengikuti seleksi calon petugas haji di Provinsi Jawa Tengah. Ke 638 peserta seleksi ini akan berkompetisi memperebutkan posisi menjadi Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah Haji, serta Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Nizar mengatakan, tahun ini seleksi petugas haji tahap I yang digelar serentak di setiap Kantor Kemenag Kabupaten/Kota sudah menggunakan Computer Assisted Test (CAT), sehingga meminimalisir kecurangan dalam proses seleksi petugas haji tahun ini. 

Selain itu, kata Nizar, penilaian portfolio peserta juga menjadi nilai tambah penilaian, misalnya peserta telah mempunyai sertifikat menjadi pembimbing haji.

"Selain sudah menggunakan CAT pada seleksi petugas haji di tingkat Kabupaten/Kota, penilaian portfolio juga menjadi nilai tambah bagi peserta seleksi," kata Nizar saat memantau Seleksi Petugas Haji di Solo Jawa Tengah. Selasa (4/2).

"Seleksi CAT ini akan menghindarkan segala bentuk kecurangan-kecurangan karena kita tidak ingin ada permainan dalam petugas haji ini," tambahnya.

Ia berharap, para peserta dapat lulus sesuai dengan kemampuannya masing-masing, bukan karena kedekatan dengan pejabat di Kanwil. 

"Kalaupun ada (terindikasi), silakan lapor," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jawa Tengah, Muh. Saidun mengatakan, peserta yang mendaftar seleksi petugas haji untuk Provinsi Jawa Tengah berjumlah 638 orang yang tersebar di seluruh Kemenag Kabupaten/Kota di Jateng.

"Untuk di Jateng sampai saat ini telah terdaftar 638 peserta yang tersebar pada Kankemeng Kabupatan/Kota di seluruh Jawa Tengah," terangnya. 

Saidun menyebutkan, para peserta akan memperebutkan kuota petugas haji dengan rincian untuk TPHI berjumlah 86, TPIHI berjumlah 86 serta PPIH Arab Saudi berjumlah 20.

Seleksi petugas haji tingkat Kab/Kota ini merupakan tahap pertama. Tahap ini akan menjaring dua kali kuota terbaik untuk ikut dalam seleksi tahap kedua di Kanwil Kemenag Provinsi yang akan diselenggarakan pada 13 Februari 2020.

Berbeda dengan tahun lalu, seleksi di tingkat Kankemenag Kab/Kota tahun ini sudah menggunakan sistem Computer Asested Test atau CAT. Hal ini dilakukan agar proses seleksi lebih transparan dan akuntabel, serta terhindar dari praktek Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN). [mel]


Komentar Pembaca