BAZNAS Pusat Kembali Dapatkan ISO 9001:2015

Berita  SENIN, 03 FEBRUARI 2020 | 22:35 WIB | Natasha

BAZNAS Pusat Kembali Dapatkan ISO 9001:2015

Moeslimchoice | Memasuki tahun ke-19, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Pusat kembali membuktikan pelaksanaan manajemen yang profesional, transparan dan akuntabel dengan kembali meraih sertifikat ISO 9001:2015. 

Ketua BAZNAS, Bambang Sudibyo, menyatakan hal ini merupakan pengulangan proses sertifikasi setelah mendapatkan ISO 9001:2015 pada tahun 2017. "Ini merupakan bukti bahwa BAZNAS itu bersertifikasi melalui penilaian yang berdasarkan standar internasional dari WQA. Dan BAZNAS berkomitmen untuk melakukan continues improvement," katanya saat konferensi pers di Gedung BAZNAS Jakarta, Senin (3/2/2020). 

Tak berhenti di sertifikasi ini saja, Bambang menyebutkan, pada tahun ini BAZNAS akan mengimplementasikan ISO 27001 tentang sistem manajemen keamanan informasi standar internasional dan sistem ISO 37001:2016 mengenai manajemen anti penyuapan. 

"Ini menunjukkan bahwa memang BAZNAS patut untuk dipercaya masyarakat dalam hal pengumpulan,  pengelolaan dan distribusi zakat, infak dan sedekah," ujarnya lebih lanjut. Untuk BAZNAS daerah, ia menyampaikan bahwa beberapa sudah memiliki kemampuan untuk mengajukan sertifikasi hal yang sama.

"Apapun yang dianggap baik di BAZNAS Pusat, kami akan menyampaikan ke BAZNAS daerah. Sehingga BAZNAS Daerah bisa meniru dan melakukan hal yang baik. Seperti untuk sertifikasi ini, agar BAZNAS Daerah meniru,"  ujarnya. 

Komisaris WQA Regional Asia Pasifik Novian Putra menyatakan bahwa BAZNAS merupakan lembaga zakat yang melakukan perbaikan berkelanjutan. 

"Artinya, BAZNAS selalu melakukan perbaikan menuju kebaikan dan perbaikan mutu. Dan dengan mengikuti ISO, BAZNAS berkomitmen untuk mendokumentasikan, menginplementasikan dan selalu melakukan improvement," ujarnya. 

Terkait untuk pencapaian sertifikasi lainnya, Novian menyatakan, bahwa sertifikasi lainnya memang perlu diambil oleh BAZNAS karena berkaitan dengan kegiatan BAZNAS dalam mengumpulkan dana masyarakat. 

ISO 9001:2015 ini didasarkan pada tujuh prinsip, yaitu Customer Focus, Leadership, Engagement of People, Process Approach, Improvement,  Evidence Based Decision Making dan Relationship Management. (amn)


Komentar Pembaca
Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Rabu, 20 Mei 2020 | 21:05

Bubarkan Fpi

Bubarkan Fpi

Ahad, 03 Mei 2020 | 19:55

Dinas ESDM Ganti Dengan Dinas Koral Dan Pasir