Disdik Pacitan Bakar Ratusan Ijazah SD dan SMP, Ada Apa Nih?

Daerah  JUMAT, 31 JANUARI 2020 | 12:55 WIB

Disdik Pacitan Bakar Ratusan Ijazah SD dan SMP, Ada Apa Nih?

Aksi pemusnahan ratusan blangko ijazah SD dan SMP di Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan

MoeslimChoice | Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, kedapatan membakar ratusan lembar ijazah Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Ada apa sebenarnya?

Ternyata, yang dibakar itu adalah blangko ijazahnya. Itu merupakan bagian dari kegiatan pemusnahan, demi menghindari penyalahgunaan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan, Daryono, membenarkan adanya pemusnahan blangko ijazah dengan cara dibakar itu.

Menurutnya, itu merupakan langkah yang tepat untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan terhadap blangko-blangko ijazah tersebut.

“Benar, itu adalah blangko ijasah yang sudah tidak terpakai atau terdapat kesalahan [pengisian], maka harus dimusnahkan. Karena, kita takut disalahgunakan. Soal ini sudah ada keputusan dari Kementerian Pendidikan,” kata Daryono kepada Kontributor MoeslimChoice di Pacitan, Suluh Apriyanto, Jumat (31/1/2020).

Ada sebanyak 300 lembar blangko ijasah yang dimusnahkan, lanjut Daryono, karena setiap tahunnya juga pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan memang mendapat kuota restan sebagai cadangan.

"Ya, memang kita diberi langsung oleh pusat, dan setiap tahunnya pasti ada restan yang diberikan. Ya buat jaga-jaga apabila ada kesalahan dalam penulisan nama dan nomor," imbuhnya.

Aksi pemusnahan blangko ijazah itu dihadiri juga oleh beberapa pengawas, termasuk dari pihak kepolisian Pacitan.

“Kita di sini tidak sendirian dalam pemusnahan itu. Ada beberapa pengawas, baik dari pemerintahan maupun kepolisian. Kita juga membuat laporan tentang hal ini kepada pusat,” pungkas Daryono. [yhr]


Komentar Pembaca