Masihkah Pacitan Jadi Rumah Demokrat? Ini Sitkonnya

Daerah  KAMIS, 30 JANUARI 2020 | 09:05 WIB

Masihkah Pacitan Jadi Rumah Demokrat? Ini Sitkonnya

Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

MoeslimChoice | Sungguh masuk akal jika Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, hingga Pemilu 2019 kemarin, masih menjadi “rumah” bagi Partai Demokrat.

Di Bumi 1001 Goa inilah tokoh utama Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang juga Presiden RI ke-6, dilahirkan, tepatnya di Desa Tremas, Kecamatan Arjosari, 9 September 1949.

Pada Pileg Kabupaten/Kota 2019, Partai Demokrat merebut 96.925 suara (28,9%), disusul Golkar (17,21%), lalu PDIP (11,01%).

Maka, partai berlambang Mercy ini pun menguasai 14 dari 45 kursi di DPRD Kabupaten Pacitan.

Berdasarkan hitung-hitungan ini, memang hanya Partai Demokratlah yang bisa langsung mengusung pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pacitan pada Pilkada Serentak 2020, tanpa harus berkoalisi dengan partai lain.

Wajarlah kalau kemudian banyak figur yang memiliki keinginan menjadi orang nomor satu di Pacitan lewat Pilkada 2020 mengharapkan dukungan dari Partai Demokrat.

Begitulah situasi dan kondisi (sitkon) kekinian di Pacitan, jelang dibukanya pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati oleh Partai Demokrat, 7-11 Februari 2020.

Lantas, seberapa banyak calon yang akan mendaftar melalui partai besutan SBY tersebut?

Wakil Ketua I Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Pacitan, Sugiharto, mengatakan, dari internal mereka, ada 3 kader yang sejauh ini melakukan berbagai persiapan menuju Pilkada 2020.

“Ya, untuk saat ini, dari internal Partai Demokrat ada 3, yaitu Ronny Wahyono, Indrata Nur Bayu Aji, dan Yudhi Sumbogo. Yang terpenting, itu kader-kader dari Partai Demokrat,” kata Sugiharto kepada Kontributor MoeslimChoice di Pacitan, Suluh Apriyanto, Rabu (29/1/2020).

Disinggung soal rekomendasi, Sugiharto menjawab, itu merupakan kewenangan Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Sementara DPC hanya berfungsi sebagai fasilitator.

“Soal rekom, itu kewenangan pusat, yaitu DPP. Pastinya melalui pertimbangan-pertimbangan. Menurut kabar yang saya dapat, rekom tentang siapa yang nanti dipilih oleh pusat itu akan diputuskan pada akhir April atau awal Mei 2020,” katanya.

Terkait Calon Wakil Bupati, Sugiharto menandaskan, Partai Demokrat masih belum memikirkannya. Mereka masih akan fokus pada Calon Bupati dulu.

“Untuk Wakil, kita belum fokus. Kita fokuskan dulu Calon Bupatinya. Wakilnya, nanti bisa diatur,” pungkasnya.

Sepertinya, untuk posisi Cabup, Partai Demokrat memang akan memprioritaskan kader internalnya. Sementara untuk Cawabup, bisa saja partai ini mengambil dari luar, tergantung pada strategi politiknya.

Tiga nama yang disebutkan Sugiharto tadi, memang murni merupakan kader internal DPC Partai Demokrat Kabupaten Pacitan.

Ronny Wahyono kini menjabat sebagai Sekretaris, sementara Indrata Nur Bayu Aji adalah Bendahara, dan Yudhi Sumbogo merupakan Ketua Dewan Pengawas. [yhr]


Komentar Pembaca
Jk Sebut Masjid Sebagai Pusat Peradaban

Jk Sebut Masjid Sebagai Pusat Peradaban

Kamis, 09 Juli 2020 | 22:25

Muslimah Inggris Dinobatkan Sebagai Dokter Terbaik
New Normal New Ideas

New Normal New Ideas

Minggu, 05 Juli 2020 | 02:30