Ronny F Sompie Kini Jadi Pejabat Fungsional, Analis Utama KeImigrasian

Nasional  RABU, 29 JANUARI 2020 | 07:25 WIB | Ilham Akbar

Ronny F Sompie Kini Jadi Pejabat Fungsional, Analis Utama KeImigrasian

MoeslimChoice | Setelah melepas jabatan Dirjen Imigrasi kemenkum HAM, ke mana Ronny Franky Sompie? Ternyata masih berada di lingkungan Ditjen Imigrasi juga.

Ronny beralih tugas sebagai pejabat fungsional. Berdasarkan surat Menkumham Nomor M.HH.KP.04.02-13, Ronny kini dapat tugas baru sebagai Analis Utama Keimigrasian.

Sedangkan posisi dirjen imigrasi diisi oleh pelaksana harian (plh), yakni Irjen Kemenkumham Jhoni Ginting. ”Sekarang dirjen imigrasi sudah di-plh,” kata Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, 28/1/20.

Ronny sebenarnya pejabat yang duduk sebagai Dorjen cukup lama, sekitar empat tahun. Yang melantik Ronny juga Yasonna pada 10 Agustus 2015.

Sebelum berkarier di kementerian, Ronny merupakan perwira polisi aktif. Jabatan terakhirnya yaitu Kapolda Bali dengan pangkat jenderal bintang dua.

Selain Ronny, Yasonna juga mencopot Direktur Sistem dan Teknologi Informasi (Dirsistik) Keimigrasian, Alif Suaidi. Alif juga dianggap bertanggung jawab atas terjadinya delayed system Bandara Internasional Soekarno-Hatta sehingga menimbulkan informasi keliru tentang Harun Masiku.

Pencopotan Ronny tak lepas dari 'blunder' Imigrasi. Instansi ini akhirnya mengakui Harun telah berada di Jakarta sejak 7 Januari 2020. Padahal, mereka sebelumnya sempat menyatakan Harun telah keluar Indonesia menuju Singapura pada Senin, 6 Januari 2020 melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang sekitar pukul 11.00 WIB.

“Saya sudah menerima informasi berdasarkan pendalaman di sistem, termasuk data melalui IT yang dimiliki stakeholder terkait di Bandara Soetta, bahwa HM (Harun Masiku) telah melintas masuk kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Batik pada tanggal 7 Januari 2020,” ujar Ronny kepada media, Rabu 22/1/20.


Komentar Pembaca