Jelang Kongres PAN | Siapa Mulfachri yang Safari Sejak Januari?

Polhukam  SELASA, 28 JANUARI 2020 | 08:25 WIB | Warni Arwindi

Jelang Kongres PAN | Siapa Mulfachri yang Safari Sejak Januari?

MoeslimChoice | Nama Mulfachri Harahap menjadi salah satu favorit kandidat Ketua Umum Partai Amanat Nasional. Selain masih relatif muda, kelahiran 1966, ia juga dikenal luwes sehingga memiliki banyak relasi yang akan menguntungkan partainya. Apalagi dalam dinamika politik jelang dan pasca 2024.

Mulfachri, Anggota DPR terpilih dari daerah pemilihan Sumatera Utara I, juga rajin bersafari. Jelang Kongres PAN 2020, ia tampak sudah bergerilya ke sana kemari sehingga hubungan dengan konstituen juga semakin erat.

Jadi, tampaknya PAN akan berharap Mulfachri dapat memperluas segmen konstituen PAN di kalangan millennial. Sekaligus juga memiliki posisi tawar politik yang lebih baik dibandingkan dengan kondisi saat ini. Paling tidak, itu terlihat ketika Mulfachri menjadi mentor politik Farah Putri Nahlia, anggota DPR terpilih dari PAN di daerah pemilihan Jawa Barat 9 yang meliputi Subang, Sumedang dan Majalengka.

Farah mengejutkan lantaran meraih suara terbanyak di dapil itu. Melampaui politisi kawakan PDI Perjuangan TB Hasanuddin maupun politisi PKB Maman Imanul Haq. Jadi, jelas, Mulfachri diharapkan dapat menjadi mentor bagi Farah-farah yang lain di ratusan dapil Pemilu 2024.

Bagi internal PAN sendiri, Mulfachri santer dikenal bukan hanya sebagai calon ketua umum, melainkan, juga sebagai salah satu pendiri partai. Pendiri PAN Putra Jaya Husin menegaskan bahwa Mulfachri merupakan bagian dari pendiri sekaligus deklarator PAN pada 23 Agustus 1998 lalu.

“Bahkan Mulfachri sudah bersama PAN sebelum PAN itu ada. Ya, saat PAN masih berupa ide dan gagasan,” tegasnya saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu, Senin (27/1).

Atas alasan itu, Putra Jaya yakin kehadiran wakil ketua umum PAN tersebut di kongres bukan sekadar penghibur. Mulfachri yang menggandeng Hanafi Rais sebagai sekjen dan telah mendapat dukungan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais diyakini memiliki visi mulia, yaitu mengembalikan khittah perjuangan PAN.

“Dia founding fathers, jadi paham partai ini didirikan untuk apa? Paham sejarah dan tujuannya apa. Jangan partai buat dagang,” tegas Putra Jaya yang pada kepengurusan kali ini menyatakan diri nonaktif dari jabatan Sekretaris Dewan Kehormatan PAN.


Komentar Pembaca