Kemlu Tunggu Saran Dari Otoritas China Soal Evakuasi WNI

Nasional  SELASA, 28 JANUARI 2020 | 04:25 WIB

Kemlu Tunggu Saran Dari Otoritas China Soal Evakuasi WNI

MoeslimChoice | Wabah pneumonia dari virus novel corona (2019-nCoV) dikabarkan semakin ganas. Beberapa negara seperti Amerika Serikat, Prancis, hingga Australia kemudian berencana untuk mengevakuasi warganya dari Wuhan, China kota pertama virus tersebut terdeteksi. 

Opsi evakuasi juga menjadi pembahasan oleh Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI dalam upaya penanganan WNI di Wuhan dan beberapa kota lainnya, terutama di Provinsi Hubei. Kendati begitu, jurubicara Kemlu, Teuku Faizasyah menerangkan bahwa pemerintah tidak bisa serta merta mengevakuasi WNI dari Wuhan. 

Pasalnya saat ini wilayah tersebut tengah diisolasi sehingga harus melakukan komunikasi intens dengan pihak otoritas China. "Negara-negara (lain) dan Indonesia juga akan banyak bergantung dari sejauh mana pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) bisa memberikan pertimbangan, saran, dan tindakan bagi evakuasi tersebut," ujarnya dalam konferensi pers di Kantor Kemlu, Jalan Pejambon, Jakarta, Senin (27/1). 

Untuk opsi evakuasi sendiri memiliki beberapa versi. Yakni, dievakuasi langsung ke Indonesia atau tetap di China namun dipindahkan ke wilayah yang lebih aman. "Jadi manakala terbuka kesempatan untuk evakuasi dan kondisi di lapangan sudah memungkinkan. Evakuasi dalam berbagai versi, namun semuanya berpulang pada konfirmasi pihak Tiongkok," pungkasnya. (amn)

 

 


Komentar Pembaca
Habib Rizieq Pasti Pulang Jika Sudah Aman

Habib Rizieq Pasti Pulang Jika Sudah Aman

Ahad, 23 Februari 2020 | 10:40

15 Azab Meninggalkan Shalat, 9 Terjadi Di Dunia
Gedung DPR Kebakaran

Gedung DPR Kebakaran

Senin, 24 Februari 2020 | 13:55