Gelar Pasar Rakyat, BAZNAS Edukasi Mitra Terkait Pemasaran Produk

Daerah  SENIN, 27 JANUARI 2020 | 23:50 WIB | Natasha

Gelar Pasar Rakyat, BAZNAS Edukasi Mitra Terkait Pemasaran Produk

MoeslimChoice | Bersama dengan Pemerintah Kota Jakarta Timur, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar pasar rakyat untuk membantu para pedagang kecil menyalurkan produknya pada momen HBKB (Hari Bebas Kendaraan bermotor). 

Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS Irfan Syauqi Beik menyatakan bahwa program ini merupakan bagian dari program pemberdayaan masyarakat binaan BAZNAS, baik melalui program BAZNAS Microfinance,  Zakat Community Development maupun Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik. 

"Di BAZNAS kita mempunyai tiga hal yang menjadi dasar program pemberdayaan. Yaitu modal, produksi dan pasar. Jadi harus ada tiga hal itu. Jadi ada beberapa lembaga yang kita berikan mandat dan bekerja secara integrasi. Salah satunya adalah BAZNAS Microfinance," kata Irfan saat ditemui disela HBKB di Jalan Pemuda Rawamangun Jakarta,  Minggu (26/1/2020). 

Ia menyebutkan kegiatan di HBKB yang bekerja sama dengan Pemkot Jakarta Timur merupakan aktivitas dari BAZNAS Microfinance. "Ada sekitar 15 kelompok dengan total 135 orang yang kita bina yang hadir pada acara pasar rakyat kali ini," ujarnya. 

Dan bukan hanya itu, dari tim Rumah Sehat BAZNAS juga hadir untuk memberikan pemeriksaan kesehatan, berupa pengecekan tekanan darah dan tes gula darah. 

"Saat ada kegiatan seperti pasar rakyat ini, merupakan momentum sarana edukasi kepada para mitra dalam memanfaatkan keramaian dan untuk meningkatkan omset dan peluang usaha," paparnya. 

Walikota Jakarta Timur M. Anwar menyebutkan bahwa kerja sama kegiatan seperti ini sudah berlangsung lama, sejak masih dalam bentuk BAZIS DKI. 

"Kegiatan ini merupakan langkah pemerintah dalam mewujudkan kemandirian masyarakat. Jadi masyarakat meminta, pemerintah bukan hanya memberi modal tapi juga memberikan pembinaan agar modal yang diberikan mampu berkembang menjadi mandiri," kata Anwar. 

Tercatat total modal dari BAZNAS adalah Rp203 juta yang diberikan kepada masyarakat binaan sesuai dengan jenis usaha dan kebutuhan. (amn)


Komentar Pembaca
BCL Menjanda Lantaran Ashraf Telah Tiada

BCL Menjanda Lantaran Ashraf Telah Tiada

IslamtainmentSelasa, 18 Februari 2020 | 07:56

Jelang HUT ke-275, Pemkab Pacitan Janjikan Kemeriahan

Jelang HUT ke-275, Pemkab Pacitan Janjikan Kemeriahan

DaerahSelasa, 18 Februari 2020 | 12:40

Akhirnya Shah Rukh Khan Setuju Bermain dalam Film Rajkumar Hirani
SBY: Museum Ini Bukti Cinta Suci Saya kepada Ibu Ani

SBY: Museum Ini Bukti Cinta Suci Saya kepada Ibu Ani

NasionalSabtu, 22 Februari 2020 | 14:55

Catat! Seleksi Nasional Siswa Baru Madrasah Aliyah Akan Digelar 22 Februari 2020
Nasib Penumpang

Nasib Penumpang

Kajianbaru saja

Jobadetabek Bakal Diguyur Hujan Ekstrim, BNPB Minta Masyarakat Waspada
Suhu Politik di Malaysia Memanas, Mahatir Bakal Bentuk Pemerintan Baru
Pasca Digenangi Air, Ini Keterangan Resmi Pihak RSCM

Pasca Digenangi Air, Ini Keterangan Resmi Pihak RSCM

BeritaMinggu, 23 Februari 2020 | 23:50

RSCM Kebanjiran, Ini Penyebabnya

RSCM Kebanjiran, Ini Penyebabnya

BeritaMinggu, 23 Februari 2020 | 23:04