Dugaan Korupsi ASABRI, Polisi Tunggu Audit BPK

Hukum  JUMAT, 24 JANUARI 2020 | 10:15 WIB

Dugaan Korupsi ASABRI, Polisi Tunggu Audit BPK

Ilustrasi

MoeslimChoice | Hingga kini, kasus dugaan korupsi PT ASABRI masih menjadi perbincangan publik, dan terus dalam penyelidikan maupun verifikasi data oleh pihak-pihak terkait.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Argo Yuwono, Kamis (23/1/2020), menyampaikan, “Kita masih menunggu audit dari BPK tentunya. Nanti BPK juga akan menyerahkan ke mana daripada hasilnya tersebut.”

Ia juga mengatakan, Kabareskrim Polri telah membentuk tim untuk melakukan verifikasi terhadap berbagai temuan dalam perkara dugaan korupsi di ASABRI tersebut.

"Kalau misalnya ditemukan ya, dan kemarin anggota oleh Kabareskrim sudah dibentuk untuk verifikasi itu. Kita mencari informasi yang berkaitan dengan hal tersebut," ujar Argo.

Menurutnya, pihak kepolisian belum sampai pada tahap penyidikan, baru proses verifikasi untuk mencari informasi.

"Kita mengecek saja, bertukar informasi-informasi yang berkaitan dugaan tersebut. Kita menunggu dari BPK. Kita belum penyidikan, masih verifikasi untuk mencari informasi," pungkasnya.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD memastikan bahwa kasus hukum terkait PT ASABRI yang ditangani Kepolisian masih terus berjalan.

"Kalau sudah masuk ranah hukum, tentu tidak bisa dibelokkan ke perdata, kalau memang ada unsur pidananya," ucapnya di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, (22/01/2020).

Diketahui, PT ASABRI menjadi sorotan setelah Menko Polhukam Mahfud MD menyebut adanya dugaan korupsi di atas Rp 10 triliun.

Sejumlah permasalahan pada asuransi yang mengelola dana anggota TNI-Polri ini pun perlahan muncul ke permukaan. Salah satunya terkait pengelolaan investasi. [yhr]


Komentar Pembaca