Koordinator Batas Negara Dinilai Tak Berwibawa

Polhukam  KAMIS, 23 JANUARI 2020 | 11:45 WIB

Koordinator Batas Negara Dinilai Tak Berwibawa

MoeslimChoice | Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Cornelis, menyatakan, sampai saat ini, persoalan tentang batas negara masih juga belum terselesaikan dengan baik.

Hal tersebut disampaikan Cornelis saat Rapat Kerja Komisi II DPR RI dengan Mendagri, BNPP, dan Rektor IPDN, membahas kesiapan pemerintah terkait RUU Prolegnas Prioritas Tahun 2020, pengawasan dana Silpa di daerah bencana, serta penanganan perbatasan negara.

“Masalah batas negara sampai hari ini masih belum selesai. Karena koordinatornya kurang berwibawa. Saya mempersoalkannya sejak saya menjadi Gubernur, tetapi sampai hari ini tidak kunjung selesai,” jelasnya di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Cornelis menyampaikan, aturan persoalan batas laut Indonesia di perairan Laut China Selatan sudah ada.

Jadi, lanjutnya, sekarang tinggal bagaimana pemerintah Indonesia berani atau tidak menghadapi penyusup dari negara lain.

Pesan yang disuarakan legislator Fraksi PDI Perjuangan itu merujuk pada sikap Indonesia yang dinilainya tidak tegas dalam menghadapi isu wilayah perbatasan.

Diketahui, dalam beberapa minggu terakhir, Indonesia sempat diramaikan terkait persoalan Natuna yang termasuk ke dalam wilayah Zona Eksklusif Ekonomi (ZEE) RI namun diklaim pihak Tiongkok.

Selain itu, Cornelis juga menyampaikan aspirasinya terkait pemindahan Ibu Kota Negara (IKN). Ia mempertanyakan kepada pemerintah, mengapa justru Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang menangani urusan pemindahan IKN tersebut? [yhr]


Komentar Pembaca
Habib Rizieq Pasti Pulang Jika Sudah Aman

Habib Rizieq Pasti Pulang Jika Sudah Aman

Ahad, 23 Februari 2020 | 10:40

15 Azab Meninggalkan Shalat, 9 Terjadi Di Dunia
Gedung DPR Kebakaran

Gedung DPR Kebakaran

Senin, 24 Februari 2020 | 13:55