Sabar, Tol Layang Bogor Sampai Semplak Baru Selesai April 2020

Daerah  KAMIS, 23 JANUARI 2020 | 05:21 WIB

Sabar, Tol Layang Bogor Sampai Semplak Baru Selesai April 2020

Hendro Atmodjo di depan media.

MoeslimChoice | Pembangunan jalan tol layang Bogor hingga ke Simpang Semplak, Kota Bogor Barat, baru akan selesai pada April 2020 mendatang. Proeyk jalan tol layang yang terhenti di Simpang Yasmin, hampir tiga kilometer dari Simpang Semplak, seharusnya sudah selesai pada Desember 2019 lalu.

Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar (MSJ) Hendro Atmodjo mengungkapkan, ruas tol Simpang Yasmin-Semplak sepanjang 2,85 km itu terkendala antara lain oleh ambruknya bidang pengecoran pada Juli 2019 lalu. Selain itu, kata dia, ada masalah pembebasan lahan juga.

"Kami mohon maaf kepada masyarakat karena kemunduran proyek, yang mungkin masih akan terganggu hingga tiga bulan (Februari-April) sebelum selesai. Tapi targetnya ada dua yakni bulan Mei sudah bisa dibuka untuk fungsional Lebaran (gratis) dan Juni sudah operasional (dikenakan tarif)," kata Hendro di Bogor, Rabu, 22/1/20.

Rencana itu, kata dia, termasuk pula ruas Sentul Selatan-Sentul Barat. Sehingga kendaraan dari Tol Jagorawi Cawang, yang hendak ke Tol BORR tanpa melalui jalan arteri lagi seperti saat ini.

Soal pembebasan lahan memang masih ada masalah. "Sejujurnya itu (pembebasan lahan) tujuh bidang lagi dan pemindahan utilitas bukan kesalahan pelaksana proyek (PT Pembangunan Perumahan/PP Tbk) maupun kami (MSJ) tapi PUPR selaku pihak yang melakukan pembebasan lahan. Tapi Insya Allah, minggu depan juga sudah selesai," tuturnya.

Alasan pihaknya memperpanjang kontrak dan menarget hingga Juni 2020 Tol BORR seksi IIIA ini baru beroperasi lantaran sesuai dengan target PT Jasa Marga selaku holding company PT MSJ dan Kementerian PUPR bahwa seluruh proyek strategis nasional Juni harus sudah diresmikan.

"Kenapa Juni harus segera beroperasi karena saya sudah janji pada holding PT Jasa Marga dan Kementerian PUPR bahwa, proyek strategis nasional harus selesai di bulan Juni ini sesuai instruksi Presiden," ujarnya.

Sementara itu, Chief Manager PT Pembangunan Perumahan Tbk, Yusuf Luqman menjelaskan untuk fisik atau konstruksi tol elevated BORR IIIA ini progresnya sudah 80 persen per Januari 2020 ini. "Sebetulnya beberapa hambatan pekerjaan yang terjadi sebagian besar akibat pihak ketiga (pemilik lahan) bukan dari kita (selaku pelaksana proyek). Keterlambatannya di pekerjaan errection girder dan fasilitas pelengkap di beberapa titik," ujarnya.

Tapi, kata Yusuf, pelaksana proyek dan operator tetap berusaha agar pembebasan lahan segera tuntas. Dengan begitu target April tak bergeser lagi.

PT Marga Sarana Jabar (MSJ) merupakan operator yang mendapatkan hak konsesi dari PT Jasa Marga sepanjang 11 kilometer untuk proyek Tol BORR. Tol ini dibagi lima seksi, yaitu Seksi I Sentul Selatan-Kedung Halang sepanjang 3,85 km yang telah beroperasi sejak November 2009.

Kemudian Seksi IIA Kedung Halang-Kedung Badak sepanjang 1,95 km telah beroperasi sejak Mei 2014. Selanjutnya Seksi IIB Kedung Badak-Simpang Yasmin sepanjang 2,65 km (telah beroperasi sejak tahun lalu).

Seksi IIIA Simpang Yasmin-Simpang Semplak sepanjang 2,85 km (masih dalam pekerjaan sejak November 2018-hingga sekarang). Terakhir Seksi IIIB Semplak-Junction Salabenda sepanjang 1,50 km (perencanaan).


Komentar Pembaca
Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Rabu, 20 Mei 2020 | 21:05

Bubarkan Fpi

Bubarkan Fpi

Ahad, 03 Mei 2020 | 19:55

Dinas ESDM Ganti Dengan Dinas Koral Dan Pasir