Sikapi Virus China, WHO Serukan Sidang Darurat

Kesehatan  SELASA, 21 JANUARI 2020 | 15:10 WIB

Sikapi Virus China, WHO Serukan Sidang Darurat

Ilustrasi

MoeslimChoice | Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan pertemuan darurat untuk membahas virus korona yang merenggut 3 korban jiwa dan menjangkiti ratusan orang hanya dalam dua hari di China.

Kasus-kasus baru terkait virus korona itu ditemukan di Kota Wuhan, Beijing, dan Shenzhen. Maka, di banyak negara, wabah ini kerap disebut dengan nama “virus China”.

Melansir Reuters, Selasa (21/1/2010), pertemuan WHO akan berlangsung pada Rabu (22/1/2020) besok.

Mengutip Sputnik NEws, Selasa (21/1/2020), pertemuan WHO akan menilai, apakah wabah virus korona jenis baru itu merupakan keadaan darurat kesehatan internasional atau bukan, dan tindakan apa yang harus diambil.

Komisi Kesehatan Nasional China mengkonfirmasi, penyebaran virus korona dapat terjadi antarmanusia.

WHO sebelumnya mengatakan bahwa "sumber utama virus korona berasal dari hewan”. Meski demikian, WHO tidak merekomendasikan adanya pembatasan perdagangan atau perjalanan.

Hingga saat ini, wabah virus korona telah menyebar ke tiga negara, dua di Thailand, seorang di Jepang, dan satu lainnya di Korea Selatan.

Semua yang terinfeksi virus adalah orang-orang berasal dari Wuhan, atau mereka yang baru saja mengunjungi kota tersebut.

Virus Korona diketahui pertama kali pada Desember 2019 di Kota Wuhan, China.

Virus ini termasuk dalam jenis korona virus, sama dengan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), yang menewaskan hampir 800 orang di dunia pada 2002-2003. Virus SARS juga berasal dari China.

Gejalanya meliputi demam dan kesulitan bernafas, yang mirip dengan banyak penyakit pernapasan lainnya, dan menimbulkan komplikasi untuk upaya penyaringan. [yhr]


Komentar Pembaca