Prabowo (Juga) Bentuk Tim Investigasi Asabri

Hukum  SELASA, 21 JANUARI 2020 | 08:55 WIB | Sugiharta Yunanto

Prabowo (Juga) Bentuk Tim Investigasi Asabri

MoeslimChoice | Menteri Pertahanan Prabowo Subianto telah membentuk tim investigasi untuk menyelidiki dugaan korupsi di PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero) atau Asabri yang merugikan negara Rp 16,7 triliun lebih.  Menurut Prabowo penyelidikan Asabri juga telah didukung sejeumlah pihak yakni kepolisian dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Iya, Asabri sudah kita bentuk tim investigasi. Juga saya kira penegak hukum sudah bertindak," kata Prabowo di Gedung DPR, Senayan, Senin, 20/1/20.

Saat ini, kata mantan Danjen Kopassus itu, tim investigasi sudah mulai bekerja untuk mengusut aliran uang Asabri. Namun, ia enggan menyampaikan siapa yang memimpin tim tersebut. Mantan Danjen Kopassus itu ingin penegakan hukum dapat dilakukan.

"Sudah, sudah (jalan). Ya kita akan tegakkan hukumlah semuanya," ungkap Prabowo.

Sejauh ini, BPK mulai mengaudit investigasi pada BUMN asuransi tentara nasional itu untuk menemukan aliran dana yang ada. Pihak kepolisian juga telah membentuk tim investigasi.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Azis mengatakan tim itu akan dipimpin langsung oleh Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. "Saya sedang memerintahkan ke Bareskrim membentuk tim gabungan dari Dittipidkor sama Dirkrimsus Polda Metro untuk melakukan langkah-langkah verifikasi dan penyelidikan. Akan dikerjakan langsung oleh tim yang dipimpin Kabareskrim,” ujarnya Jumat, 17/1/20.

Anggota VI BPK Harry Azhar Azis mengatakan, perkiraan jumlah kerugian ASABRI Rp 16,7 triliun di antaranya berasal dari salah penempatan investasi saham dan reksa dana. Dugaan tersebut telah dibahas dalam rapat internal BPK kemarin.

"Sudah tadi dilaporkan (dalam rapat) ada potensi kerugian sekitar Rp 16,7 triliun di dua tempat, di reksa dana sekitar Rp 6,7 triliun dan saham Rp 9,7 triliun," kata dia saat ditemui kumparan di Gedung BPK RI, Jakarta, Rabu (15/1).

Harry mengakui, ada portofolio investasi saham milik ASABRI yang nilainya anjlok sehingga berpotensi merugikan perusahaan hingga triliunan rupiah. Tapi, ada juga yang masih bagus dan perusahaan masih memperoleh peruntungan.


Komentar Pembaca
Habib Rizieq Pasti Pulang Jika Sudah Aman

Habib Rizieq Pasti Pulang Jika Sudah Aman

Ahad, 23 Februari 2020 | 10:40

15 Azab Meninggalkan Shalat, 9 Terjadi Di Dunia
Gedung DPR Kebakaran

Gedung DPR Kebakaran

Senin, 24 Februari 2020 | 13:55