Wabah Virus China Tiba di Korsel

Kesehatan  SENIN, 20 JANUARI 2020 | 13:20 WIB

Wabah Virus China Tiba di Korsel

Salah seorang terduga penderita virus China dievakuasi menuju rumah sakit

MoeslimChoice | Wabah virus China dilaporkan telah mencapai Korea Selatan. Negara tersebut pada Senin (20/1/2020) mencatatkan kasus pertama penderita dengan virus misterius tersebut.

Diberitakan Reuters, yang mengutip Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korsel (KCDC), penderita adalah wanita turis China berusia 35 tahun.

Wanita tersebut terbang dari Wuhan ke Bandara Internasional Incheon pada Minggu (19/1/2020).

Dia dihentikan di bandara dan menjalani isolasi setelah terdeteksi menderita gejala penderita coronavirus, salah satunya demam tinggi.

Selain di Korsel, penderita virus misterius ini juga ditemukan di Jepang dan Thailand.

Di China sendiri, pada akhir pekan, ada 139 penderita baru virus misterius yang kini telah menyebar ke Beijing dan Shenzhen tersebut.

Per Minggu (19/1/2020), total ada 198 kasus penderita virus misterius ini di China. Pasien meninggal dunia bertambah menjadi tiga orang. Sebanyak 170 pasien masih dirawat di ruang isolasi rumah sakit, sementara 25 lainnya berhasil sembuh.

Penyakit ini disebabkan oleh coronavirus strain baru. Gejala yang ditimbulkan adalah batuk, demam, hingga sukar bernapas, mirip pneumonia.

Belum ada vaksin untuk penyakit akibat virus ini. Pemerintah Wuhan menduga virus ini tersebar melalui makanan laut di pasar-pasar ikan. [yhr]


Komentar Pembaca