Kronologi Kecelakaan Maut Bus Pariwisata di Subang

Daerah  MINGGU, 19 JANUARI 2020 | 22:05 WIB

Kronologi Kecelakaan Maut Bus Pariwisata di Subang

Situasi sesaat setelah bus PO Purnamasari terjungkal di Subang, Jawa Barat

MoeslimChoice | Kecelakaan tunggal bus parisiwata, PO Purnamasari, bernomor polisi E 7508 W, di wilayah Subang, Jawa Barat, menewaskan 8 orang penumpang dan belasan lainnya luka-luka.

Menurut Muniroh, salah satu korban selamat, sopir dan kernet bus sempat memeriksa kondisi ban sebelum terjadi kecelakaan di Sabtu (18/1/2020), sekitar pukul 17.35 WIB, itu.

"Dia (kru bus) berhenti sebentar di pinggir, dia ngecek ban kayaknya, sopir liat dari kaca spion, saya [juga] lihat dari kaca spion, dia megang ban dan ketok-ketok ban," kata Muniroh, salah satu korban selamat.

Sementara itu, berdasar keterangan dari Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar, Kombes Pol Saptono Erlangga, jumlah korban tewas sementara adalah 8 orang.

Untuk korban luka berat tercatat 5 orang, dan 15 penumpang alami luka ringan.

"Info sementara, korban meninggal 8 orang, luka berat 5 orang," kata Erlangga.

 

Kronologi Kecelakaan

Seperti diberitakan sebelumnya, bus pariwisata tersebut mengangkut 58 penumpang, wisatawan asal Depok usai berpariwisata di Tangkuban Parahu.

Saat melewati turunan di Kampung Nagrog, Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Subang, bus terguling.

"Kendaraan datang dari Bandung, menuju Subang, di saat kondisi menurun ada tikungan ke kiri, kendaraan tak terkendali dan terguling ke kanan, ke bahu jalan," tutur Erlangga.

Setelah itu, petugas segera datang ke lokasi untuk mengevakuasi para korban ke Rumah Sakit Umum Daerah Ciereng Subang dan puskesmas terdekat lainnya.

"Untuk luka ringan dibawa ke Puskesmas Palasari," tuturnya. [yhr]


Komentar Pembaca