Asman Abnur dan Zulhas Ingin Geser Pengaruh Amien Rais di PAN

Polhukam  MINGGU, 19 JANUARI 2020 | 02:55 WIB | Sugiharta Yunanto

Asman Abnur dan Zulhas Ingin Geser Pengaruh Amien Rais di PAN

MoeslimChoice | Mantan Menteri PAN-RB, Asman Abnur resmi mendeklarasikan dirinya untuk maju dalam kontestasi calon pemilihan ketua umum PAN. Masuknya Asman sebagai caketum, menjadikan Kongres PAN yang akan digelar bulan depan  lebih berwarna setelah sebelumnya kuat kabar petahana Zulkifli Hasan akan head to head dengan mantan Ketua Fraksi PAN DPR, Mulfachri Harahap.

Analis politik dari Universitas Al Azhar Ujang Komarudin menyampaikan pengaruh Amien Rais di tubuh PAN masih melekat. Sehingga, Asman dan Zulhas harus mampu menyaingi Mulfachri yang disebut telah mendapat restu Amien untuk maju di Kongres.

“Amien Rais pendiri, ketua dewan kehormatan, dan masih pemilik saham di PAN. Kader-kader PAN juga masih patuh pada Amien Rais,” ucap Ujang kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (18/1).

Masuknya Asman menjadi caketum PAN menyiratkan adanya usaha sekelompok orang yang kontra terhadap Amien Rais untuk mencoba menggeser kekuasaan mantan Ketua MPR tersebut.

“Sepertinya Amien Rais ingin digeser pengaruhnya oleh kelompok Zulhas dan Asman Abnur," katanya.

Dia mengingatkan sikap konsisten Amien bahwa PAN perlu regenerasi. Artinya, Amien pun menghendaki adanya anak muda yang menjadi pemimpin dan ketua umum cukup satu periode.

"Karena Amien Rais konsisten dengan sikapnya bahwa PAN perlu regenerasi, ketum PAN cukup satu periode,” pungkasnya.


Komentar Pembaca