BMKG: Peringatan Dini Hujan Lebat Berbagai Wilayah Periode 17-23 Januari

Nasional  SABTU, 18 JANUARI 2020 | 10:35 WIB | Warni Arwindi

BMKG: Peringatan Dini Hujan Lebat Berbagai Wilayah Periode 17-23 Januari

MoeslimChoice | Peringatan dini dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Hujan lebat akan mengguyur sejumlah wilayah Indonesia dalam sepekan ini, antara 17-23 Januari 2020. Selain ancaman banjir, warga diharap waspada terhadap dampak hidrometeorologi lainnya seperti sambaran petir dan tanah longsor.

"BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan, curah hujan dengan intensias lebat yang dapat disertai kilat atau petir berpotensi terjadi di beberapa wilayah," ungkap Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R Prabowo, Sabtu, 18/1/20.

Kawasan ibu kota dan sekitarnya tak terkecuali. BMKG memprakirakan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi berpotensi mengalami hujan lebat antara 17-19 Januari 2020. Daerah yang perlu waspada terutama Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bekasi, Depok dan Bogor.

"Masyarakat hendaknya tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin. Selain itu, kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau agar selalu waspada," imbaunya.

Hasil pemantauan BMKG, kata dia, sejumlah daerah yang berpotensi terlanda hujan lebat 17-19 Januari 2020 adalah Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Sedangkan daerah yang berpotensi hujan lebat periode 20-23 Januari 2020 adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, serta Papua.

Untuk daerah yang lebih intens hujannya, BMKG mengenakan status siaga. Status lain adalah waspada, setingkat lebih ringan dari siaga. Namun, keduanya berarti di atas normal dan memerlukan antisipasi bencana.

Akibat meningkatnya intensitas curah hujan di berbagai daerah tersebut, BMKG mengimbau agar masyarakat waspada dan siaga terhadap bencana banjir serta longsor. Berikut daerah yang berpotensi dilanda banjir serta longsor hasil pantauan BMKG.

1. Sumatera Barat (siaga)
2. Sumatera Selatan (siaga)
3. Jambi (siaga)
4. Bengkulu (siaga)
5. Jawa Barat (siaga)
6. Aceh (Waspada)
7. Sumatera Utara (Waspada)
8. Lampung (Waspada)
9. Jawa Tengah (Waspada)
10. Jawa Timur (Waspada)
11. Sulawesi Selatan (Waspada)

"Berdasarkan peta prakiraan berbasis dampak hujan lebat di Indonesia, perlu diwaspadai potensi banjir dan longsor untuk tiga hari ke depan 17-19 Januari 2020, di wilayah tersebut," kata Mulyono.


Komentar Pembaca