Bukan Cuma Mahir Berperang, TNI Juga Cinta Lingkungan

Daerah  JUMAT, 17 JANUARI 2020 | 13:35 WIB

Bukan Cuma Mahir Berperang, TNI Juga Cinta Lingkungan

Penanaman pohon mahoni sepanjang tepian Jalur Lintas Selatan (JLS)

MoeslimChoice | Tersengat terik matahari bukanlah hal yang luar biasa bagi anggota TNI (Tentara Nasional Indonesia). Apalagi pada situasi perang, itu sudah menjadi pekerjaan rutinnya dalam melaksanakan kewajiban membela Tanah Air.

Ternyata, kesiapan menghadapi terjangan cahaya panas matahari itu tak hanya dilakukan TNI di arena perang, tapi juga dalam memperlihatkan kepeduliannya terhadap lingkungan.

Faktanya, Jumat (17/1/2020) siang, para anggota TNI dari Kodim 0801 Pacitan, Jawa Timur, menanam ribuan pohon kayu jenis mahoni demi menciptakan penghijauan di sepanjang Jalur Lintas Selatan (JLS).

Saat dikonfirmasi, Komandan Kodim 0801 Pacitan, Letkol (Inf) Nuri Wahyudi, menjelaskan, kegiatan itu memang merupakan program dari Kodam V Brawijaya dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Itu memang program penghijauan dari Kodam V Brawijaya dan juga (Pemerintah) Provinsi (Jawa Timur) untuk menghijaukan tepian Jalan Nasional dan juga Jalan Provinsi," katanya kepada Kontributor MoeslimChoice di Pacitan, Suluh Apriyanto, Jumat (17/1/2020).

Di tempat terpisah, Budi (35), salah seorang pengguna jalan yang tengah melintas dan sempat keheranan menyaksikan sejumlah anggota TNI memegang cangkul, menyampaikan apresiasinya.

"Ya, saya melihat, terus berhenti. Kok ada TNI memegang cangkul serta menanam pohon di pinggir jalan? Saya rasa, ini program yang sangat bagus," ucapnya kepada MoeslimChoice, Jumat (17/1/2020).

Di mata masyarakat, lanjut Budi, program penanaman pohon di sepanjang tepian jalan bisa membuat Kabupaten Pacitan menjadi kota yang lebih sejuk, rindang, sekaligus hijau.

"Benar-benar luar biasa ini. Saya yakin, kalau Pacitan dibuat seperti ini, melakukan banyak penghijauan, baik di hutan maupun tepi jalan, bukan mustahil bakal tercipta Kota Pacitan yang sejuk tanpa AC," pungkasnya. [yhr]


Komentar Pembaca