Hadapi Cuaca Ekstrem, Warga Pacitan Hadiri Istighosah Kubro

Daerah  JUMAT, 17 JANUARI 2020 | 12:45 WIB

Hadapi Cuaca Ekstrem, Warga Pacitan Hadiri Istighosah Kubro

Kegiatan Istighosah Kubro di Pendopo Kabupaten Pacitan

MoeslimChoice | Menyusul kondisi cuaca yang tidak menentu, bahkan terkadang mengarah pada situasi yang cukup ekstrem, Pemerintah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, bersama Kodim 0801 dan Polres Pacitan, menggelar Istighosah Kubro, demi memohon keselamatan kepada Allah SWT agar terhindar dari bencana alam.

Kegiatan Pengajian dan Istighosah Akbar di Pendopo Kabupaten Pacitan, Jumat (17/1/2020), itu dihadiri ratusan jamaah, dan dipandu oleh KH Abdullah Sajad.

Usai acara, Asisten Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), KH Mahmud, mengatakan, kegiatan Istighosah Kubro ini berawal dari kegelisahan atas problem cuaca yang cenderung tidak menentu, sebagaimana informasi BMKG.

"Kondisi cuaca yang sudah tidak menentu tentunya menimbulkan kegelisahan. Maka dari itu, kita secara bersama-sama, Pemkab, Kodim 0801/Pacitan, dan Polres Pacitan, mengadakan Istighosah kubro untuk Indonesia dan terutama untuk Pacitan sendiri," katanya kepada Kontributor MoeslimChoice di Pacitan, Suluh Apriyanto, Jumat (17/1/2020).

Di tempat yang sama, Komandan Kodim 0801 Pacitan, Letkol (Inf) Nuri Wahyudi, mengatakan, Istighosah ini dilaksanakan pada Jumat, salah satu hari istimewa umat Islam, untuk berdoa bersama memohon keselamatan, kesejahteraan, dan kemakmuran bangsa Indonesia, khususnya Kabupaten Pacitan.

"Semoga bencana yang pernah menimpa bangsa ini ada pintu keluar dan ada jalan keluarnya. Kami mengharapkan, para pemimpin bangsa ini juga mengambil kebijakan yang memihak pada rakyat," tambah Nuri kepada MoeslimChoice.

Acara Istighosah ini, lanjut Nuri, sekaligus menjadi wadah silaturahmi antara pemerintah dan masyarakat Pacitan demi meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan.

"Ya, ini sebagai silaturahmi kita semua. Pastinya untuk menambah keimanan dan ketakwaan kita semua. Dan kami juga berharap, semoga Indonesia, terutama Pacitan, aman dari bencana alam," pungkas Nuri. [yhr]


Komentar Pembaca