Bertemu Menteri Sosial, Komisaris Utama Pertamina Ahok Bicarakan Subsidi Elpiji agar Tepat Sasaran

Berita  JUMAT, 17 JANUARI 2020 | 05:24 WIB | Adhes Satria

Bertemu Menteri Sosial, Komisaris Utama Pertamina Ahok Bicarakan Subsidi Elpiji agar Tepat Sasaran

Moeslimchoice | Komisaris Utama PT. Pertamina (Persero), Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengadakan kunjungan ke Menteri Sosial, Juliari P. Batubara untuk membahas masalah subsidi gas LPG dan bahan bakar bagi masyarakat kurang mampu.

Dalam sesi wawancara dengan sejumlah awak media di Gedung kementrian sosial di Jl Salemba ,Jakarta Pusat (15/1/2020), Juliari menyampaikan, kunjungan Komisaris Utama Pertamina hari ini dalam rangka membahas program subsidi untuk membantu mensejahterakan rakyat miskin, dalam hal ini subsidi gas elpiji bagi warga kurang mampu,"terang  Mensos .

Selain itu, juga membicarakan bagaimana program program subsidi, khususnya subsidi energi elpiji dan BBM. Hasil sementara dari diskusi dengan Pertamina akan ditindaklanjuti oleh tim Pertamina. “Diskusi  lebih detail mengenai data-data masyarakat yang berhak menerima subsidi ini akan dibahas selanjutnya. Terutama terkait ketepatan pendistribusian subsidi kepada rakyat yang paling berhak mendapatkan,"kata Mensos.

"Kami menggandeng kementrian sosial, dalam hal ini menangani masalah sosial terkait subsidi elpiji dan BBM bagi masyarakat kurang mampu. Kami bersama tim akan mengecek lokasi dengan mendokumentasikan tempat tinggal warga yang akan menerima subsidi. Jadi tidak ada lagi salah sasaran. Selanjutnya, kami akan menunggu arahan presiden," tegas Ahok.

Kementerian Sosial sendiri sudah membuat program bantuan sosial non tunai yakni, Program Keluarga Harapan  (PKH)  dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Berdasarkan survei Badan Pusat Statisik (BPS), penyaluran bansos non tunai berkorelasi langsung dengan penurunan angka kemiskinan. Terakhir angka kemiskinan mencapai 9,41. Seementara itu, Survei MicroSave juga menunjukkan kepuasan terhadap bantuan sosial. (Ida)


Komentar Pembaca