KPK Panggil Zulkifli Hasan sebagai Mantan Menteri SBY

Hukum  KAMIS, 16 JANUARI 2020 | 11:31 WIB | Warni Arwindi

KPK Panggil Zulkifli Hasan sebagai Mantan Menteri SBY

Zulkifli hasan di KPK 2018

MoeslimChoice | Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil mantan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Zulkifli Hasan (Zulhas) sebagai saksi kasus suap terkait pengajuan revisi alih fungsi hutan di Provinsi Riau tahun 2014.

Selain Wakil Ketua MPR itu, KPK juga memanggil Direktur Perencanaan Kawasan Hutan pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI tahun 2014, Masyhud, dalam kasus yang sama.

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka PT Palma," ucap Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri, Kamis, 16/1/19.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan tiga orang sebagai tersangka, terkait pemberian hadiah atau janji dalam pengajuan revisi alih fungsi hutan di Provinsi Riau kepada Kementerian Kehutanan Tahun 2014.

Ketiga tersangka itu ialah korporasi PT Palma, Legal Manager PT Duta Palma Group Tahun 2014 Suheri Terta (SRT), dan Surya Darmadi.

PT Palma disebut berhubungan dengan Suheri dan Surya untuk mengajukan permintaan kepada mantan Gubernur Riau, Annas Maamun yang juga diduga tergabung dalam Duta Palma Group yang mayoritas dimiliki oleh PT Darmex Agro.

Surya yang merupakan beneficial owner PT Palma Satu itu bersama Suheri melakukan pengurusan perizinan terkait lahan perkebunan milik Duta Palma Gorup dan PT Palma Satu, korporasi yang telah memberikan uang Rp 3 miliar pada Annas Maamun.


Komentar Pembaca