Pembuang Kulit Durian Ke Sungai Musi Ini Terancam Penjara 3 Bulan

Tentang Sumsel  SELASA, 14 JANUARI 2020 | 23:20 WIB | Rahmad Romli

Pembuang Kulit Durian Ke Sungai Musi Ini Terancam Penjara 3 Bulan

MOESLIMCHOICE. Terekam dengan sengaja membuang karungan sampah kulit durian di Sungai Musi, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Palembang akhirnya mengamankan empat pelaku beserta kendaraannya.

MC Award 2

Gerak cepat Pol PP Palembang tersebut dilakukan, setelah video pembuangan sampah berkarung-karung dilakukan pelaku dari atas Jembatan Musi IV Palembang viral.

Kepala Satpol PP, GA Putra Jaya mengatakan, adapun pelaku yang berhasil diamankan terkait pembuangan sampah berjumlah empat orang, dimana dua oknum yang menjadi pelaku pembuang sampah, yakni Agus Haryanto (31) warga 13 Ilir yang menjadi sopir dan kondektur angkot jurusan Sayangan Lemabang, Ade Rio warga 1 Ilir Palembang.

Sedangkan dua lagi orang yang memerintahkan pembuangan sampah dan pemilik angkot atas nama Nevri dan Adi Julianto.

"Dua orang pembuang sampah adalah sopir dan kondektur angkot. Mereka mengaku disuruh membuang sampah oleh salah seorang pegawai usaha durian di Pasar Kuto, tujuh karung dengan upah Rp20 ribu," ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Jaya ini menerangkan, para pembuang sampah ini telah melanggar Perda 3 Tahun 2015 Pasal 55 Tahun tentang larangan pembuangan sampah dengan acaman kurungan tiga bulan atau denda maksimal Rp50 juta.

"Mereka kita tahan dulu karena masuk Tipiring (Tindak Pindana Ringan). Setelah ini akan kita sidang yustisi," ujarnya.

Sementara itu, Agus Haryanto mengaku baru pertama kali membuang sampah ke Sungai Musi karena terdesak dan bingung kemana harus membuang karung sampah yang berisi kulit durian itu.

"Kami buang sampah ke Sungai Musi sekitar pukul 23.00 WIB. Itu kami lakukan refleks bae saat lewat diatas jembatan Musi IV," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Ratu Dewa berharap Satpol PP Kota Palembang dapat memberikan tindakan sesuai dengan aturan.

"Ini menjadi atensi khusus Pemerintah Kota Palembang dan akan kita terapkan sanksi bagi siapa saja pembuang sampah sembarangan sesuai instruksi Walikota Palembang," tandasnya. [rhd/rms]


Komentar Pembaca