Petang Ini Kejaksaan Agung Tahan 3 Tersangka Skandal Jiwasraya

Hukum  SELASA, 14 JANUARI 2020 | 19:29 WIB | Ilham Akbar

Petang Ini Kejaksaan Agung Tahan 3 Tersangka Skandal Jiwasraya

MoeslimChoice | Kejaksaan Agun mulai menahan tiga orang tersangka dalam skandal gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya. Yang masuk tahanan pada hari ini, Selasa, 14/1/20 adalah pengusaha eks Direktur Keuangan Hary Prasetyo, pengusaha Beny Tjokro, dan pengusaha Heru Hidayat.

Yang pertama diketahui menjadi tahanan adalah Komisaris PT Hanson International Tbk Benny Tjokro. Benny dibawa ke Rutan Salemba Cabang Kejaksaan Agung untuk ditahan selama 20 hari.

Kapuspenkum Kejagung Hari Setiyono mengkonfirmasi penahanan terhadap Benny Tjokro. "Nanti ada penjelasan lengkap untuk media," ujarnya.

Sedangkan eks Direktur Keuangan Jiwasraya Hary Prasetyo tampak keluar dari Gedung Bundar Kejagung dengan kawalan petugas menuju mobil . Ia sudah mengenakan rompi merah muda (pink), seragam tahanan Kejagung.

Menyusul kemudian penahanan terhadap Komisaris PT Trada Alam Mineral Heru Hidayat.

Kasus Jiwasraya diduga merugikan negara Rp13,7 triliun. Desakan untuk menahan para tersangka sudah mengemuka beberapa hari terakhir ini.
Akhirnya terjadi juga.

Namun advokat Benny Tjokro, Muchtar Arifin, mengemukakan keheranannya terhadap penahanan ini. Malah dia bilang, penetapan tersangka kepada Benny kurang masuk akal.

"Bagi saya itu aneh. Tidak mengerti apa alat buktinya. Tidak ada penjelasan dari penyidik. Tentu saja kecewa," tutur Muchtar.

Sedangkan advokat Heru Hidayat, Susilo Wibowo mengungkapkan menghormati segala proses hukum di Kejaksaan Agung. Namun, ia menyayangkan penetapan tersangka tersebut.

"Kami hormati dulu, tetapi kaget juga dan menyayangkan. Ini bukan panggilan pertama, tetapi tadi pagi dipanggil sebagai saksi," tuturnya.

Sebelumnya kejagung menetapkan lima tersangka dalam kasus ini. Selain tiga yang telah ditahan, dua tersangka lain adalah eks Direktur Utama PT Jiwasraya Hendrisman Rahim dan eks Kepala Divisi Investasi Jiwasraya Syahmirwan.


Komentar Pembaca