Usai Diresmikan, Empat Gedung Layanan Terpadu Haji dan Umrah di Jatim Siap Beroperasi

Nasional  SELASA, 14 JANUARI 2020 | 14:00 WIB

Usai Diresmikan, Empat Gedung Layanan Terpadu Haji dan Umrah di Jatim Siap Beroperasi

Foto/net

Moeslimchoice. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan umrah (PHU), Nizar meresmikan empat gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) di Jawa Timur. Keempat PLHUT tersebut berada di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Malang, Kab. Sidoarjo, Kab.Tuban, dan Kab. Jember.

"Gedung ini didirikan untuk memberikan pelayanan haji secara terpadu serta memangkas birokrasi agar layanan haji dan umrah lebih cepat," ungkap Nizar saat meresmikan empat gedung PLHUT di Malang. Senin (13/1)

Nizar berharap, keberadaan gedung pelayanan terpadu ini akan mempercepat dan memudahkan pengurusan haji dan umrah.

"Insya Allah, dari 40 PLHUT yang akan dibangun pada tahun 2020, ada dua Kankemenag dari Jawa Timur yang kembali mendapatkan alokasi, yaitu Kabupaten Pamekasan dan Lumajang," jelas Nizar.

Gedung PLHUT itu terdiri atas dua lantai. Lantai pertama akan digunakan untuk ruang pelayanan jamaah. Sedangkan lantai 2 untuk ruang serbaguna yang dapat digunakan pula untuk kegiatan bimbingan manasik haji. Layanannya meliputi layanan informasi, pendaftaran, pembayaran melalui bank yang ditunjuk, serta layanan bimbingan manasik haji dan umrah.

"Jadi, selain keperluan administrasi, kelak proses penyetoran Biaya Perjalanan Ibadah Haji tidak harus mengunjungi bank, tetapi cukup dilakukan dalam gedung ini," ujarnya.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Jawa Timur, Jamal mengatakan, pada Tahun 2019 lalu, Kemenag telah membangun gedung PLHUT sebanyak 16 gedung se-Indonesia. 

"Untuk Wilayah Provinsi Jawa Timur, ada 4 Kabupaten yang telah membangun gedung PLHUT, yaitu Kab. Malang, Kab. Sidoarjo, Kab. Tuban, dan terakhir di Kab. Jember," pungkasnya. [mel]


Komentar Pembaca