PDIP Tunda Rekomendasi Calon Pilkada, PKB dan PAN Mulai Sebut Angka

Polhukam  SELASA, 14 JANUARI 2020 | 07:58 WIB | Sugiharta Yunanto

PDIP Tunda Rekomendasi Calon Pilkada, PKB dan PAN Mulai Sebut Angka

MoeslimChoice | Menyusul penundaan PDI Perjuangan mengumumkan rekomendasi 44 calon yang maju Pilkada 2020, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN) mulai menyebut angka calon yang akan maju melalui partainya. Malah angka itu melebihi jumlah rekomendasi PDIP yang tertunda.

PKB menyebut 50 kadernya akan akan maju di Pilkada Serentak 2020. Sedangkan PAN malah menyatakan akan mengusung 211 calon di Pilkada 2020.

Selain itu, masing-masing partai memasang target kemenangan di Pilkada 2020 serentak pada 23 September 2020 mendatang. PKB menargetkan 70 persen calonnya menang, sedangkan PAN malah 80 persen calon yang diproyeksikan menang.

Ketua Desk Pilkada DPP PKB Faisol Reza yang juga Ketua Komisi VI DPR menyatakan, saat ini partainya sudah memulai tahapan penjaringan calon. Tahap berikutnya, kata dia, uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) dan survei elektabilitas para calon di daerah pemilihan masing-masing.

"Setelah itu baru kita akan putuskan rekomendasi untuk siapa saja," ungkap Faisol, Selasa, 14/1/20. Menurut dia, tahapan-tahapan itu terus berjalan dan pada saatnya rekomendasi terhadap para calon akan diumumkan.

Kapan pengumumannya? "Kita tunggu sekitar Maret ya," tandasnya.

Sedangkan Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Maulani mengungkapkan, PAN memprioritaskan pencalonan kadernya terlebih dahulu. Saat ini, kader partai yang maju di kontestasi sudah mendapatkan surat keputusan dari DPP.

"Yang sudah mendapatkan Surat Keputusan DPP PAN adalah prioritas kader terlebih dahulu. Selanjutnya akan diseleksi pasangan calon yang non-kader," jelasnya.

Yoga juga memastikan PAN sudah fix mengusung beberapa calon di daerah, antara lain di Pilgub Jambi dan Pilbup Yakuhimo, Papua. Di Jambi, PAN mengusung H Bakri sebagai calon gubernur. Sedangkan di Yakuhimo PAN mengusung Abock Busup. Bakri dan Abock merupakan kader PAN.

Berarti masih ada yang belum. Mungkin menunggu Kongres selesai ya? Kan Maret juga jadwalnya.


Komentar Pembaca