Eks Kapolda Jatim Siap Maju di Pilkada Surabaya

Daerah  SELASA, 14 JANUARI 2020 | 06:55 WIB

Eks Kapolda Jatim Siap Maju di Pilkada Surabaya

MoeslimChoice | Usai merangkul Partai Gerindra, kini Eks Kapolda Jawa Timur, Machfud Arifin juga mendekati DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Surabaya. Tujuan Machfud merapat ke Gerindra dan PAN adalah untuk mengusungnya maju dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Surabaya tahun 2020.

Ketika ditanya apakah langkah yang dilakukan ini merupakan sebuah rencana 'pengeroyokan' terhadap PDI Perjuangan. Dengan tegas mantan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur Pasangan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres ini menyangkalnya.

"Saya berharap, semuanya jadi satu. Enggaklah bukan keroyok PDI Perjuangan," tepis mantan Kapolda Jatim dikutip Kantor Berita RMOLJatim saat silaturahmi dengan DPD PAN Surabaya di rumah makan Mayjend Sungkono Surabaya, Senin, 13/1/20.

Machfud menjelaskan, dirinya tidak ada niatan maju dalam Pilwali Kota Surabaya pada September 2020 nanti. Namun demikian, ia tak bisa mengelak bila ditunjuk beberapa partai, untuk maju dalam Pilwali Surabaya tahun ini.

"Saya tidak pernah punya pemikiran jadi Wali Kota. Ini bener-bener enggak ada. Setelah saya jadi Kapolda, saya maunya selesai. Eh enggak tahunya diperintah jadi ketua TKD Jatim. Oke lah ini sebagai kesimpulan pengabdian saja, apalagi saya selama dinas itu ada penilaian positif dari banyak pihak, termasuk pemilihan partai-partai ini kan enggak gampang untuk jadi TKD," kelitnya.

Selain itu, Mahfud menjelaskan, PAN masih tidak berpeluang mengusung Bacawali (Bakal calon Wali Kota) Surabaya. Karena PAN saat ini punya 3 kursi saja. Namun sebelumnya, ia sudah merangkul Gerindra.

Saat ditanya perihal kesepakatan apa dengan dua partai tersebut, yakni Partai Gerindra dan PAN, Mahfud masih merahasiakan. Bahkan melalui kabar yang tersiar sebelumnya, dirinya juga merapat ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Nanti ada waktunya, saya tidak mau mendahului. Yang pasti pada hari ini saya hanya bersilaturahmi ke PAN. Kemarin Gerindra," tandasnya.


Komentar Pembaca