Puan Absen di DPR, Muncul di Parlemen Asia Pasifik | Yang Ikut 10 Anggota

Polhukam  SENIN, 13 JANUARI 2020 | 20:57 WIB | Sugiharta Yunanto

Puan Absen di DPR, Muncul di Parlemen Asia Pasifik | Yang Ikut 10 Anggota

MoeslimChoice | Ketua DPR RI Puan Maharani absen di rapat paripurna ke-7 masa persidangan II Tahun 2019-2020 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 13/1/20. Rupanya Puan berada di luar negeri.

Rapat paripurna akhirnya dipimpin oleh Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad dan dihadiri oleh Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin, Rachmat Gobel dan Muhaimin Iskandar.

Dari siaran pers yang dikirimkan ke berbagai media, Puan berada di Australia menghadiri pertemuan tahunan ke-28 Parlemen Asia Pasifik (APPF) Canberra, Australia.  Pertemuan tahunan itu berlangsung sejak 12 hingga 16 Januari 2020 dengan mengangkat tema kesetaraan gender.

Dalam acara itu Puan menyampaikan pidato di hadapan peserta. Isinya, antara lain, Puan menyoroti kesenjangan gender perempuan dan laki-laki yang masih terlihat di wilayah Asia Pasifik.

Puan bilang, perempuan masih menghadapi berbagai kendala di kehidupan sosial, budaya, ekonomi dan politik. "Kita masih melihat adanya kesenjangan gender dalam hal pendapatan, keterampilan, pekerjaan, dan akses. Oleh karena itulah, maka masih diperlukan berbagai upaya edukasi, sosialisasi, advokasi, dan fasilitasi dalam rangka memperkuat peran perempuan," kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Senin (13/1/2020).

Puan juga bukan satu-satunya anggota DPR yang absen karena bepergian ke Australia. Ketua DPR RI ini menjadi ketua delegasi Indonesia dalam Pertemuan Tahunan ke-28 Asia Pacific Parliamentary Forum (APPF) hingga 16 Januari 2020. Ketua DPR RI Puan Maharani memimpin delegasi yang terdiri dari Dr. Azis Syamsudin (F-PG), Dr. Fadli Zon (F-Partai Gerindra), Charles Honoris (F-PDIP), Putu Supadma Rudana (F-PD), Ahmad Hafisz Tohir (F-PAN), Puteri Annetta Komaruddin (F-PG), Himmatul Aliyah F-PGerindra), Mr. Andi Muawiyah Ramly (F-PKB), Mr. Iskan Qolba Lubis (F-PKS) dan Muhammad Iqbal (F-PPP).

Australia sangat mengharapkan kehadiran Ketua DPR Puan Maharani dalam Pertemuan Tahunan ke-28 APPF. Hal itu diungkapkan Acting Ambassador Australia, Allaster Cox dalam pertemuan di Gedung DPR RI, Rabu, 8/1/20. “Suatu kehormatan bagi Australia untuk menerima kedatangan Ketua DPR RI perempuan pertama Indonesia. Sebagai ketua parlemen yang baru dilantik, pertemuan ini dapat dimanfaatkan Ketua DPR RI untuk menguatkan kerja sama dengan Parlemen-Parlemen di Kawasan Asia-Pasifik,” ungkap Cox.


Komentar Pembaca