Sodetan Kali Ciliwung, Anies Bentuk Tim Pengadaan Lahan

Nasional  SENIN, 13 JANUARI 2020 | 13:20 WIB

Sodetan Kali Ciliwung, Anies Bentuk Tim Pengadaan Lahan

Ilustrasi

MoeslimChoice | Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, membentuk tim persiapan pengadaan tanah untuk sodetan Kali Ciliwung di Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur. Tim persiapan dibentuk sebelum pembangunan sodetan Kali Ciliwung dilakukan.

Pembentukan tim ini berdasar pada Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 1744 Tahun 2019 tentang Tim Persiapan Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Sodetan Kali Ciliwung di Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Kota Administrasi Jakarta Timur.

Tim persiapan tersebut diketuai oleh Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintah dan Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi DKI Jakarta.

Dalam Kepgub Nomor 1744 Tahun 2019 tersebut, sebagaimana dilihat redaksi pada Senin (13/1/2020), tim bentukan Anies itu punya sejumlah tugas, yakni:

  1. Melaksanakan pemberitahuan rencana pembangunan;
  2. Melaksanakan pendataan awal lokasi rencana pembangunan;
  3. Melaksanakan konsultasi publik rencana pembangunan;
  4. Menyiapkan penetapan lokasi pembangunan;
  5. Mengumumkan penetapan lokasi pembangunan;
  6. Melaksanakan tugas lain yang terkait persiapan pengadaan tanah bagi pembangunan sodetan Kali Ciliwung di Kelurahan Bidara Cina yang ditugaskan oleh Gubernur.

Sebelumnya, sodetan Kali Ciliwung di Bidara Cina masih dalam proses pembebasan. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menyebut, proses pembebasan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI.

"Mempercepat pembebasan, ya tergantung pada Pemprov. Kalau urusan di masyarakatnya kan dengan Pak Pemprov, ya kami nggak bisa turun," tegas Basuki di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jumat (3/1/2020).

Namun, pendanaan pembebasan lahan menjadi tanggungan dari Pemerintah Pusat.

"Bisa kita bantu, kalau lahan misalnya kan untuk sodetan itu APBN. Karena dulu waktu Pak SBY datang ke banjir, langsung perintahkan untuk dibikin. Itu sudah konsep lama, kita teruskan," imbuh Basuki. [yhr]


Komentar Pembaca
Habib Rizieq Pasti Pulang Jika Sudah Aman

Habib Rizieq Pasti Pulang Jika Sudah Aman

Ahad, 23 Februari 2020 | 10:40

15 Azab Meninggalkan Shalat, 9 Terjadi Di Dunia
Gedung DPR Kebakaran

Gedung DPR Kebakaran

Senin, 24 Februari 2020 | 13:55