Warga Depok Kini Punya Alun-alun Seluas Hampir 4 Hektare

Daerah  SENIN, 13 JANUARI 2020 | 06:25 WIB

Warga Depok Kini Punya Alun-alun Seluas Hampir 4 Hektare

MoeslimChoice | Sejumlah fasilitas tersedia di Alun-alun Kota Depok, Jawa Barat, yang peresmiannya berlangsung pada Minggu pagi, 12/1/20. Ribuan warga Depok pun menyambut peresmian tempat itu, sampai-sampai paanel nama Depok  di pelataran alun-alun itu patah diduduki untuk selfie.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris, mengatakan alun-alun merupakan ruang terbuka hijau terpadu tingkat Kota Depok. Jadi, berbagai komponen unsur bidang dimasukkan dalam alun-alun.

“Misalnya fungsi ekologi bagaimana bisa interaksi lansia, remaja, dan anak anak. Kemudian fungsi ekonomi serta kami juga sediakan komunitas seperti basket, futsal, wall climbing,” kata Idris usai peresmian alun-alun, Minggu, 12/1/20.
 
Sedangkan fasilitas yang tersedia antara lain Bike Shelter, Co-Working Space, Bus Shelter, Jembatan Utama, Kolam Retensi dan Dermaga, Greenhouse and Signage, Taman Lansia, Taman Anak-Anak, Gedung Pendopo, Gallery, Dinding Mural, Taman Sculpture dan Amphitheater. Tersedia pula menara pandang, greenhouse, lapangan futsal, lapangan basket, jalur sepeda BMX, outdoor gym, arena skateboard.

Idris menjelaskan, pembangunan alun-alun merupakan amanat undang-undang, “Memang amanat Undang-Undang untuk diwujudkan di setiap kota. Alhamdulillah pembangunannya bisa selesai pada tahun ini,” sebut dia.

Pembangunan alun-alun Depok berlangsung dalam dua tahap. Tahap I dikerjakan pada September 2018 dan rampung Januari 2019. Pembangunan tahap I memakan lahan 1,8 hektare dengan anggaran Rp 32 miliar dari APBD Kota Depok tahun anggaran 2018. Sedangkan Tahap II dilakukan pada Juni 2019 di atas tanah seluas 2,1 hektare dengan anggaran Rp 50,2 miliar dari APBD Kota Depok tahun anggaran 2019.

Sayang papan nama (letter mark) Alun-alun Kota Depok dengan huruf besar bergeser dari posisinya karena diduduki warga yang antusias menyambut kehadiran fasilitas itu. Namun, kerusakan ringan itu seharusnya dapat diperbaiki segera dong.


Komentar Pembaca