Elektabilitas Bacalon Walikota Tangsel, Putri Wapres Masih Tercecer

Polhukam  MINGGU, 12 JANUARI 2020 | 07:20 WIB | Sunarya Sultan

Elektabilitas Bacalon Walikota Tangsel, Putri Wapres Masih Tercecer

Foto/net

Moeslimchoice | Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie dan Sekretaris Daerah Tangsel, Muhamad, masih menjadi figur paling populer di kalangan masyarakat Tangsel menjelang Pilkada 2020. Unggul atas putri Wapres Maruf Amin, Siti Nur Azizah.

Hal itu merupakan hasil survei opini publik yang dilakukan Indopoling Network terhadap nama-nama Bakal Calon Walikota Tangerang Selatan.

Seandainya Pilukada Tangsel dilaksanakan pada hari ini, dari 23 nama bakal calon walikota, nama Benyamin memang masih lebih dikenal publik.

Benyamin Davnie berada di urutan teratas dengan 28,4 persen suara, disusul Muhammad di posisi kedua dengan 15,7 persen suara. Kemudian Arsid di urutan ketiga dengan raihan 8,6 persen suara.

Siti Nur Azizah berada di urutan keempat dengan 3,2 persen dan urutan ke-5 ada nama Lurah Cipayung Ciputat Tommy Patria Edwardy dengan raihan 1,8 persen suara.

Sedangkan untuk nama kader PDIP tak banyak mendapatkan suara. Termasuk Ketua DPC PDIP Wanto Sugito tercecer di urutan bawah. Wanto hanya meraih 0,5 persen.

Untuk HM Toha, Iwan Rahayu, Heri Gagarin, maupun Drajat Sumarsono masing-masing hanya mendapatkan suara di atas 0,5 persen. Sementara adik Walikota Tangsel Airin Rahmi Diani yakni Aldrin Ramadian hanya mendapat 0,2 persen suara.

Sebelumnya, survei juga dilakukan jelang akhir 2019 lalu. Hasilnya juga menempatkan Benyamin Davnie dan Muhamad sebagai figur paling pantas memimpin Kota Tangsel menggantikan Airin.

Sementara untuk elektabilitas balon calon walikota berdasarkan pertanyaan tertutup Survey Konsep Indonesia, masih menempatkan Benyamin Davnie di urutan teratas dengan 23,6 persen suara disusul Muhammad 10,0 persen suara. Sementara Siti Nur Azizah hanya mendapat 0,7 persen suara.

Menanggapi hasil survei tersebut, Benyamin menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya kepada masyarakat Tangsel, yang masih memberikan dukungan terhadapnya.

"Terhadap hasil survei tersebut, saya mengucap kan Alhamdulillah, itu artinya, kinerja saya selama ini diterima oleh masyarakat, dan masyarakat menaruh harapan kepada saya," katanya.

"Ke depan, saya siap untuk memenuhi harapan masyarakat dalam pembangunan,” terang Benyamin seperti dikutip dari Indopolitika.

Namun hasil yang didapat Benyamin belum cukup aman. Mengingat, sebagai wakil walikota dua periode, angka Benyamin mentok di angka 28,4 persen menurut survei Indopoling atau hanya naik 1,4 persen dari survei yang dilakukan Konsepindo akhir 2019 lalu.

Sementara pesaingnya Muhammad mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Dalam survei Indopoling, Muhammad diangka 15,7 persen. Naik 8 persen dari angka keluarkan Konsepindo 7,7 persen di survei setengah tahun lalu.  

Sedangkan putri Wapres Maruf Amin, walaupun merambat naik tapi prosentasenya masih kecil. Di survei Indopoling Siti Nuraziah mendapatkan 3,2 persen. Ada kenaikan 2,5 persen dari survei Konsepindo setahun lalu diangka 0,7 persen. [nry]


Komentar Pembaca