PDIP Ultah dan Rakernas I 2020 | KPK Mau Panggil Hasto

Polhukam  JUMAT, 10 JANUARI 2020 | 06:55 WIB | Sugiharta Yunanto

PDIP Ultah dan Rakernas I 2020 | KPK Mau Panggil Hasto

MoeslimChoice | Sempena Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pertama pada 2020 pada 10-12 Januari 2020, sekaligus merayakan  ulang tahun ke-47, Sekretaris Jenderal partai berlambang banteng moncong putih itu, Hasto Kristiyanto, sibuk pula mengklarifikasi kasus penyuapan kadernya, Harun Masiku, kepada Komisioner Komisi Pemilihan Umum Wahyu Setiawan.

Malah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana akan memanggil Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto untuk mendalami sumber dana dalam suap yang menjerat Komisioner KPU, Wahyu Setiawan. Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar mengatakan, lembaganya masih mendalami salah satu sumber dana suap terkait upaya menjadikan calon anggota legislatif (Caleg) PDIP Harun Masiku sebagai anggota DPR RI pengganti antar waktu (PAW).

"Sumber dana ini kan sedang didalami oleh teman-teman dipenyidikan. Kemudian ada beberapa misalnya pihak swasta itu kan menjadi sumber aliran dana juga, yang membawa dan mengantarkan," ucap Lili Pintauli Siregar kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 9/1/20 malam.

Namun, Lili tak menampik akan memanggil Sekjen PDIP, Hasto Kristianto dalam penyidikan nantinya untuk mendalami sumber dana suap tersebut. "Soal manggil pihak-pihak terkait yang disebut tadi, misalnya seperti Pak Hasto. Ini juga kembali ke penyidikan. Tetapi mungkin tidak saja hanya kepada Hasto tetapi mungkin kepada pihak-pihak terkait yang berhubungan dengan pengembangan perkara ini pasti juga ada panggilan-panggilan," jelas Lili.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan empat orang tersangka yakni Komisioner KPU, Wahyu Setiawan dan mantan anggota Bawaslu, Agustiani Tio Fridelina sebagai pihak penerima suap. Agustiani juga merupakan caleg PDIP pada Pemilu 2019 dari Daerah Pemilihan Jambi.

Sedangkan pihak pemberi suap yakni Harun Masiku dan Saeful Bahri merupakan orang dekat Hasto Kristiyanto. Harun hingga KPK mengumumkannya sebagai tersangka masih belum jelas keberadaannya.

Tapi Rakernas PDIP tetap harus goes on. Menurut rencana PDIP akan membahas tiga isu utama, soal ilmu pengetahuan, industri rempah dan lingkungan hidup.

Rakernas I 2020 akan dihadiri oleh 4.731 peserta, yang berasal dari struktur, legislatif dan eksekutif dari kader PDIP. Menurut Hasto, Rakernas dan HUT akan ditutup dengan Malam Kebudayaan yang menampilkan Indonesia dalam kepaduan berbangsa.

Steering Committee Rakernas I PDIP Sukur Nababan mengungkapkan, partai ingin mengonsolidasikan seluruh kekuatan anak bangsa dalam menghadapi isu-isu ke depan. PDIP mengonfirmasi bahwa persiapan teknks Rakernas telah tuntas. Gladi resik juga selesai

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menghadiri kegiatan partai tersebut. Selamat Ulang Tahun ke-47 PDIP semoga tetap tegar menghadapi dinamika politik yang kerap tak terduga.


Komentar Pembaca
Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Rabu, 20 Mei 2020 | 21:05

Bubarkan Fpi

Bubarkan Fpi

Ahad, 03 Mei 2020 | 19:55

Dinas ESDM Ganti Dengan Dinas Koral Dan Pasir