Dicari 20.000 Supir Taksi di Arab Saudi, Diutamakan Perempuan

Kabar Tanah Suci  KAMIS, 09 JANUARI 2020 | 18:15 WIB

Dicari 20.000 Supir Taksi di Arab Saudi, Diutamakan Perempuan

foto/net

Moeslimchoice. Kepala transportasi Arab Saudi telah mengumumkan untuk merekrut 20.000 pengemudi Saudi untuk menggantikan ekspatriat yang bekerja untuk transportasi Uber, Careem dan layanan aplikasi Taksi Kerajaan Arab Saudi lainnya.

MC Award 2

Jumlah orang Saudi yang menjadi pengemudi Taksi telah meningkat dari 100.000 menjadi lebih dari 600.000 sejak 2016, dan sektor ini sekarang siap untuk Saudiisasi, Majed Al-Zahrani dari Otoritas Angkutan Umum (PTA) mengatakan kepada Arab News.

Dan kini, Pekerjaan sebagai pengemudi Taksi menjadi sangat populer di kalangan wanita, sejak larangan mereka mengemudi di Kerajaan dicabut pada Juni 2018, kata Al-Zahrani. 

"Jumlah pengemudi wanita Saudi yang bekerja di aplikasi ini telah mencapai 2.000, dan jumlahnya meningkat karena pendapatan yang bagus dan lingkungan kerja yang aman," katanya.

PTA dan Kementerian Tenaga Kerja dan Pembangunan Sosial akan bekerja bersama untuk memastikan implementasi peraturan Saudisasi. Setiap pengemudi yang ditemukan bekerja secara ilegal akan menghadapi denda sebesar SR 5,000 (sekitar Rp 18,6 juta).

Melonjaknya jumlah pengemudi Taxi wanita tidak mengejutkan bagi seorang pengemudi Taxi Careem, Kariman Khaled Al-Ghamdi. Menurutnya, karena banyak pelanggan yang menginginkan pengemudi wanita.

"Keluarga Saudi terus-menerus meminta pengemudi wanita," katanya kepada Arab News.

Al-Ghamdi bekerja di sumber daya manusia di sebuah perusahaan telekomunikasi, pensiun pada usia 46 tahun, dan mencari pekerjaan lain untuk meningkatkan penghasilannya. Dengan SIM dari AS dan Kuwait serta Arab Saudi, dan telah tinggal di luar negeri, dia tahu dirinya cocok untuk pekerjaan itu.

Jamilah Al-Mahmoudi, dari Makkah mulai bergabung menjadi pengemudi Taxi Uber tujuh bulan lalu, dan tidak pernah melihat ke belakang.

"Saya menyingkirkan beban finansial untuk menyewa sopir, dan sekarang saya mengendarai untuk para jamaah dan pengunjung di Makkah, dan saya menikmatinya," katanya senang. [mt/ArabNews]


Komentar Pembaca