Rencananya Pemkab Tubaba akan Kirim Santri ke Jepang

Ekonomi Syariah  KAMIS, 09 JANUARI 2020 | 07:30 WIB | Sunarya Sultan

Rencananya Pemkab Tubaba akan Kirim Santri ke Jepang

Foto/net

Moeslimchoice | Rencananya, Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) akan mengirim santri pondok pesantren untuk mengikuti program magang kerja ke Jepang. Sebelum dikirim, para santri harus mengikuti tes dan training.

Santri yang akan dikirimkan sebagai duta Tubaba untuk bekerja mengisi sejumlah sektor industri di Negeri Sakura sebelum diberangkatkan harus bersedia mengikuti tes dan training selama tiga bulan di ponpes yang ada balai latihan kerjanya (BLK).

“Baru rencana, namun persiapan sudah mulai dilakukan. Kami sudah komunikasi dengan pengasuh pondok pesantren yang siap mengikutkan santrinya selama tiga tahun magang di Jepang," ungkap Camat Tulangbawang Tengah Nazaruddin ketika kunjungannya di Pondok Pesantren Tebuireng 12, Pulungkencana, Rabu, 8 Januari 2020.

Lebih lanjut Nazaruddin menyebutkan, salah satunya di pondok pesantren ini (Tebuireng 12). Jika lulus mereka akan dikontrak tiga tahun dengan gaji berkisar Rp15 juta per bulan, makan dan kebutuhan mereka ditanggung perusahaan di Jepang. "Setelah selesai, mereka juga diberikan pesangon untuk modal usaha di kampung masing-masing," jelas dia.

Terkait hal tersebut, camat muda yang baru dilantik Desember 2019 yang lalu ini berharap dukungan dari semua pihak agar rencana tersebut dapat terlaksana dan berdampak pada pemberdayaan bagi generasi muda Tubaba, khususnya para santri di Kecamatan Tulangbawang Tengah. [nry]


Komentar Pembaca