Truk BBM Melintang di Tanjakan JLS Pacitan

Daerah  SELASA, 07 JANUARI 2020 | 11:15 WIB

Truk BBM Melintang di Tanjakan JLS Pacitan

Truk tangki bermuatan 24 ribu liter solar melintang di JLS Pacitan

MoeslimChoice | Tanjakan di Jalur Lintas Selatan (JLS) Pacitan, Jawa Timur, tepatnya di Desa Gawang, yang dikenal dengan sebutan Tanjakan Sengkan Putih, lagi-lagi melahirkan musibah bagi kendaraan yang tengah mendakinya.

Kali ini, truk tangki pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar, yang dalam perjalanan menuju Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sudimoro, Pacitan, mengalami nasib sial di tanjakan ekstrem tersebut.

Truk bermuatan 24.000 liter BBM jenis solar ini melintang di tengah-tengah jalan. Pasalnya, truk ini mengalami selip ban, dan akhirnya gagal mendaki Tanjakan Sengkan Putih.

“Ya, benar. Jalan ini sangat menanjak, dan lumayan licin saat hujan. Sehingga, mobil yang saya kemudian mengalami selip ban, dan akhirnya tidak bisa naik,” kata sang sopir tangki itu, Kartijan (46), kepada Kontributor MoeslimChoice di Pacitan, Suluh Apriyanto, Selasa (7/1/2020).

Ia mengakui, tanjakan di betulan Desa Gawang ini memang merupakan medan yang paling berat di sepanjang JLS.

Selain menanjak dan licin, lanjut Kartijan, di titik jalan itu pun banyak terserak material yang membuat roda kendaraan gampang mengalami selip.

"Jalan licin, ban hanya memutar tanpa berjalan. Ya, akhirnya seperti ini," tambah Kartijan.

Musibah truk tangki melintang di tanjakan Gawang ini, menurutnya, terjadi sejak sekitar pukul 03.00 WIB tadi, saat hujan tengah turun dengan intensitas sedang.

"Saya mengalami selip di sini dari jam 03.00 subuh tadi. Mau mundur susah, mau maju juga tidak bisa lagi. Akhirnya, ya cara ini yang aman, untuk menghindari kerugian besar, meskipun harus melintang di tengah-tengah jalan," jelasnya.

Setelah mendapat kabar soal musibah itu, jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Kebonagung sontak bertindak menuju lokasi kejadian, dan menghubungi Kanit Laka Lantas Polres Pacitan untuk meninjau sekaligus mengatur lalulintas di sana.

Kepada MoeslimChoice, Iptu Joni Sunargo menjelaskan, pihaknya mendengar kabar dari masyarakat sekitar, dan segera menuju lokasi kejadian.

"Begitu mendapatkan laporan dari masyarakat sekitar, kami langsung bertindak, dan langsung menghubungi Kanit Laka Lantas Polres Pacitan," jelasnya.

Demi mengevakuasi truk tangki yang melintang itu, lanjut Joni, harus menunggu bantuan kendaraan yang lebih besar untuk menariknya. [yhr]


Komentar Pembaca
Jk Sebut Masjid Sebagai Pusat Peradaban

Jk Sebut Masjid Sebagai Pusat Peradaban

Kamis, 09 Juli 2020 | 22:25

Muslimah Inggris Dinobatkan Sebagai Dokter Terbaik
New Normal New Ideas

New Normal New Ideas

Minggu, 05 Juli 2020 | 02:30