Jambanisasi Tuntas, Hepatitis A Terberantas

Daerah  SABTU, 04 JANUARI 2020 | 22:10 WIB

Jambanisasi Tuntas, Hepatitis A Terberantas

MoeslimChoice | Aroma menyengat yang bersumber dari lubang tanah model jadul tak lagi tersiar menyusul tuntasnya pembangunan jambanisasi di Kecamatan Sudimoro, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Suci Purnomo, Kepala Bidang Perumahan Dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman, dan Cipta Karya Provinsi Jawa Timur, memberikan apresiasi khusus terhadap capaian tersebut.

Betapa tidak? Proses pembangunan 500 jamban ini, yang dilaksanakan oleh jajaran Kodim 0801 Pacitan, melalui Koramil 09/0801 Sudimoro, harus melintasi medan yang sungguh rumit, terutama dalam hal pendistribusian material.

Di sela-sela peninjauannya ke berbagai lokasi jambanisasi itu, Sabtu (4/1/2020), Suci mengatakan kepada Kontributor MoeslimChoice di Pacitan, Suluh Apriyanto, program ini sangatlah mensejahterakan masyarakat.

"Program kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Kodam V Brawijaya ini, terutama bedah rumah dan jambanisasi, memang ditujukan untuk mensejahterakan sebagian rakyat yang kurang beruntung. Juga demi memberantas adanya KLB (Kejadian Luar Biasa) Hepatitis A yang melanda masyarakat Sudimoro. Dengan itu, Gubernur Jawa Timur sangat antusias untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut," jelas Suci.

Menurutnya, keseriusan Gubernur Jawa Timur dalam membantu program jambanisasi ke masyarakat Sudimoro ini diharapkan bisa memutus mata rantai penyebab Hepatitis A.

"Dengan membantu pengadaan sarana MCK atau Jambanisasi ini, tentunya akan memutus mata rantai penyebab penyakit Hepatitis A tersebut," katanya.

Suci pun menambahkan, program jambanisasi ini merupakan buah dari koordinasi antara Pemerintah Kabupaten Pacitan dengan aparat Kodam V Brawijaya, yakni Kodim 0801 Pacitan.

"Kecamatan Sudimoro menjadi prioritas program jambanisasi. Ini juga hasil koordinasi antara Pemerintah Kabupaten Pacitan dengan Kodam V Brawijaya, hingga tercipta 500 unit jamban," ujarnya.

 

Prestasi Besar

Kendati target dari program jambanisasi ini adalah 500 unit, ternyata Kodim 0801 Pacitan masih memberikan bonus kepada masyarakat di Kecamatan Sudimoro. Terbukti dengan adanya over prestasi sebanyak 3 unit jamban.

Maka, Suci pun menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada jajaran Kodim 0801 Pacitan atas tambahan 3 unit jamban tersebut.

"Ada tambahan 3 unit jamban dari Kodim 0801 Pacitan. Ini merupakan prestasi yang sangat luar biasa untuk Kodim dalam membantu masyarakatnya," ungkap Suci.

Terpisah, Komandan Kodim 0801 Pacitan, Letnan Kolonel (Inf) Nuri Wahyudi, menjelaskan, kegiatan jambanisasi ini merupakan lanjutan dari program sebelumnya yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Kodam V Brawijaya.

"Ya, ini memang program lanjutan yang sudah dicanangkan antara Pemerintah Provinsi (Jawa Timur) dengan Kodam V Brawijaya," kata Nuri kepada MoeslimChoice, Sabtu (4/1/2020).

Ia menegaskan, tugas TNI itu bukan sekadar perang, tapi juga ikut membantu Pemerintah Daerah dalam pembangunan di wilayahnya.

"Jadi kami, TNI AD/Kodim 0801 Pacitan, selain perang, tugas kami juga membantu Pemerintah Daerah dalam melaksanakan pembangunan. Dan itu merupakan bukti sinergitas antara Pemerintah dengan TNI yang ada di wilayah Jawa Timur," pungkasnya. [yhr]


Komentar Pembaca