Bogor Undang Wisatawan Lihat Bunga Bangkai Mekar

Wisata  SABTU, 04 JANUARI 2020 | 11:29 WIB

Bogor Undang Wisatawan Lihat Bunga Bangkai Mekar

Penampakan bunga bangkai mekar di Kebun Raya Bogor, Sabtu, 4/1/20.

MoeslimChoice | Bunga bangkai (Amorphophallus titanum) koleksi Kebun Raya Bogor, Jawa Barat mekar pada Sabtu, 4/1/20. Boleh jadi banyak yang tertarik untuk selfie atau sekadar melihat-lihat penampakannya. Namun, tetap hati-hati, jika musim penghujan dan hujan turun di Kebun Raya Bogor, segera berlindung untuk menghindari berbagai kemungkinan semisal banjir bandang Ciliwung yang mengalir di tengah kawasan wisata itu maupun pohon yang mungkin tumbang.

Tak kurang Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto ikut menyambut mekarnya bunga yang menjadi salah satu ikon Kebun Raya dan Kota Bogor itu. Bima dijadwalkan hadir dalam pengumuman resmi mekarnya bunga yang mulai dikenal di masa Thomas Stanford Raffles ketika berkespedisi di kawasan itu pada awal Abad XIX lalu.

Koleksi Kebun Raya yang mekar kali ini pun berasal dari Bengkulu. “Umbi dari individu yang akan mekar ini diperoleh dari kerja sama LIPI dengan Kebun Raya Liwa, Lampung,” ujar Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), R Hendrian Sabtu, 4/1/20.

Berdasarkan pengamatan LIPI, tinggi bunga bangkai itu mencapai 194 sentimeter jika mekar pada Sabtu, 4 Januari 2020. Hendrian menjelaskan, konservasi jenis-jenis tumbuhan terancam  di Indonesia seperti bunga bangkai ini akan menjadi salah satu fokus utama kegiatan penelitian LIPI di tahun ini.

“Beberapa kegiatan eksplorasi juga akan dilakukan untuk meningkatkan secara signifikan jumlah jenis tumbuhan terancam yang terkonservasi secara ex-situ di Kebun Raya Indonesia,” terangnya.

Pengoptimalan fasilitas Kebun Raya Bogor pun akan diteruskan tahun ini. “Awal tahun ini pembangunan rumah kaca dan laboratorium anggrek segera dimulai," kata Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI R. Hendrian.

Silakan untuk yang berminat. Tapi, tetap hati-hati ya jika hujan turun. Bogor itu tetap Kota Hujan. Pilih cuaca yang pas, bunga bangkainya akan bertahan sekitar 1-2 minggu koq.

Harap maklum jika Pak Wali Kota Bogor berkunjung duluan. Anggap saja sebagai undangan.




Komentar Pembaca