Inilah Permintaan Herman Deru Pada Ketua KPK, Komjen Firli

Tentang Sumsel  SABTU, 21 DESEMBER 2019 | 08:32 WIB | Rahmad Romli

Inilah Permintaan Herman Deru Pada Ketua KPK, Komjen  Firli

MOESLIMCHOICE. Mantan Kapolda Sumsel, Komjen Pol Firli Bahuri resmi menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 setelah dilantik Presiden RI Joko Widodo bertempat di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12) petang.

MC Award 2

Pelantikan itu juga dihadiri Gubernur Sumsel Herman Deru sebagai bentuk ungkapan rasa bangganya sekaligus berharap pada Komjen Pol Firli untuk tetap istiqomah dan tidak berubah, loyal pada tugas dan tanggungjawabnya sebagai Ketua KPK RI.

"Saya atas nama pribadi, keluarga dan mewakili seluruh  warga  Sumatera Selatan mengaku bangga sekaligus terharu. Karena pak Firli merupakan putra daerah Sumatera Selatan. Beliau mendapat mandat menduduki jabatan penting di tingkat pusat," tegas Herman Deru.

Bukan itu saja lanjut Herman Deru, selain asli putra dari bumi Sriwijaya, Komjen Pol Firli juga sebelumnya menjabat Kapolda Sumsel. Sehingga wajar jika antara dirinya dengan Ketua KPK itu terjalin ikatan keakraban yang erat.

"Sewaktu pak Firli menjabat Kapolda, kita kompak dan  bersama-dalam membangun daerah dengan penuh keakraban," imbuh Herman Deru.

Terkait dengan dilantiknya Firli sebagai Ketua KPK, Herman Deru juga berharap yang bersangkutan dapat menjalankan tugas dengan baik dan tidak berubah, teguh memegang komitmen dalam pemberantasan Korupsi di Indonesia.

"Sebagai sahabat, tentu ada rasa bangga dan bersyukur. Jadilah seperti Firli yang saya kenal. Ia religi, agamis, kemudian tetap menjaga silaturahmi. Meskipun memang saat ini terbatas karena menjalin silaturahminya pasti ada 'pagar' diabseorang pimpinan KPK," ungkap Herman Deru sembari mengingatkan jajarannya untuk  berhati-hati terhadap berpotensi pelanggaran  hukum khususnya korupsi.

Sementara itu dalam prosesi pelantikan selain melantik Komjen Pol. Firli Bahuri sebagai Ketua KPK,  Presiden Joko Widodo juga melantik empat pimpinan KPK periode 2019-2023 lainnya yakni Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nawawi Pomolango dan Nurul Ghufron.

Pelantikan berlangsung di istana Negara  diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden nomor 112/p Tahun 2019 dan 129/p Tahun 2019 Tentang pengangkatan pimpinan KPK periode 2019-2023.

Setelah itu, dilakukan pengambilan sumpah jabatan. Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan. Kemudian Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat diikuti seluruh tamu yang hadir. [rhd]

 


Komentar Pembaca