Tertarik, Jokowi Akhirnya Beli Bomber Gambo Muba

Tentang Sumsel  SABTU, 21 DESEMBER 2019 | 08:22 WIB | Rahmad Romli

Tertarik, Jokowi Akhirnya Beli Bomber Gambo Muba

MOESLIMCHOICE. Singgah, melihat, tertarik, dan akhirnya membeli. Demikian saat Presiden Joko Widodo mengunjungi stan Gambo Muba saat mengikuti Export BRILianpreneur 2019, di Assembly Hall Jakarta Convention Center, 20-22 Desember 2019.

MC Award 2

Usai membuka secara resmi Export BRILianpreneur 2019 yang diikuit 150 pelaku UKM terbaik seluruh Indonesia  Presiden' RI Joko Widodo melakukan kunjungan ke beberapa stand pameran dan singgah ke lapak UMKM Gambo Muba.  Tak hanya meninjau, tadpi Presiden yang betah di stand Gambo Muba pun membeli jaket bomber Gambo.

"Tadi Presiden RI Joko Widodo beli jaket Gambo Muba. Presiden  bilang sangat senang dengan motifnya. Apalagi setelah batik Gambo Muba berbahan  dari limbah getah Gambir untuk warnanya," ungkap Desainer Gambo Muba, Dovi Rustam.

Pada momen berharga ini Dovi bercerita kepada Presiden proses pembuatan Gambo Muba. Gambo Muba, kata Dovi,  dapat mengangkat derajat petani gambir serta kesejahteraan pelaku UMKM di Muba.

"Pak Jokowi  juga apresiasi kepada ibu Thia Yufada yang sangat getol dengan mempromosikan Gambo Muba. Di tangan Thia, kini Gambo Muba jadi trend  dunia fashion," ucapnya.

Terpisah, Inisiator Gambo Muba Thia Yufada Dodi Reza mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo yang telah menyempatkan mampir dan membeli produk Gambo Muba.

"Terima kasih Pak Presiden yang telah menyukai produk Gambo Muba. Semoga  Gambo Muba makin diminati," dan Kedepan diharapkan bank bank lainya selain BRI ikut serta  berkontribusi positif kepada pelaku pelaku UMKM di Musi Banyuasin mari kita bersinergi bersama membangun Muba maju berjaya 2022 ucapnya.

Thia Yufada Dodi Reza selaku Ketua TP PKK Muba menyebut Gambo Muba sebagai eco fashion yang mampu mengangkat ekonomi petani getah gambir lantaran dikerjakan oleh tangan-tangan terampil para ibu di desa. Hasilnya telah menambah penghasilan keluarga dan meningkatkan kesejahteraan.

Gambo Muba adalah tekstil khas metode jumputan, diwarnai dengan dicelup getah gambir yang awalnya dianggap limbah dan dibuang percuma. Kini Thia mampu mendorong perajin gambir dengan merubah  limbah menjadi pewarna utama kain. Sebagai produk eco fashion, Gambo Muba memakai  100 persen pewarna anti kimia.

"Ini menjawab isu international bahwa lebih dari 50 persen limbah kimia berasal dari limbah tekstil. Gambo Muba adalah aksi alternatif dan sumbangan Muba untuk dunia tekstil. Kami tidak menghasilkan limbah kimia tetapi memanfaatkan limbah getah gambir untuk pewarna alami Gambo Muba," terangnya.

Thia juga menceritakan, sebelumnya Gambo Muba juga telah diburu oleh ibu Negara Iriana Joko Widodo serta Duta Baca Indonesia yang juga pembawa talk show ngetop Najwa Shihab. [rhd]


Komentar Pembaca