Alhamdulillah, Warga Sudimoro Kini Punya 503 Jamban Standar

Daerah  SELASA, 17 DESEMBER 2019 | 09:05 WIB

Alhamdulillah, Warga Sudimoro Kini Punya 503 Jamban Standar

Aster Kodam V Brawijaya dan Dandim 0801 Pacitan berfoto bersama salah satu penerima bantuan jambatan berstandar kesehatan

MoeslimChoice | Hidung warga Kecamatan Sudimoro, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, kini diharapkan takkan lagi mencium aroma menyengat dari dalam lubang tanah produk jamban-jamban model kuno.

Pasalnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur telah tuntas menyalurkan anggaran jambanisasi ke 9 desa di Kecamatan Sudimoro.

Sebanyak 503 unit jamban standar, yang —menurut warga— mirip toilet hotel berbintang, kini sudah bisa digunakan masyarakat. Pembuatannya dilaksanakan secara bersama-sama dengan pihak TNI AD, dalam hal ini Kodim 0801 Pacitan.

Saat meninjau langsung jamban-jamban tersebut, Asisten Teritorial (Aster) Kodam V Brawijaya, Kolonel (Inf) Singgih, yang didampingi Dandim 0801 Pacitan, Letkol (Inf) Nuri Wahyudi, dan jajaran Koramil Sudimoro, menilai, pelaksanaan pembangunan fasilitas umum tersebut relatif sangat cepat dan tepat.

Di sela-sela kesibukannya melakukan peninjauan, Singgih mengatakan kepada Kontributor MoeslimChoice di Pacitan, Suluh Apriyanto, program ini sangat membantu meningkatkan tata hidup dan kesejahteraan masyarakat di sektor kesehatan.

“Yang jelas, program ini sangatlah bermanfaat bagi masyarakat. Dan, kita juga di-support secara penuh oleh [Pemerintah] Provinsi [Jawa Timur]. Kemudian, pembangunan ini dikerjakan oleh masyarakat dan juga prajurit-prajurit TNI AD/Kodim 0801 Pacitan," ucap Singgih, Senin (16/12/2019).

Ia juga sangat berharap, pembangunan jamban standar ini bisa mendongkrak taraf hidup masyarakat, terutama kesejahteraan dan kesehatannya.

"Harapan kami, poin pertama, dengan dibangunya jamban standar ini akan menambah kesejahteraan dan juga kesehatan masyarakat. Poin yang kedua, meningkatkan kemanunggalan TNI AD/Kodim 0801 kuat bersama rakyat," harapnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Komandan Kodim 0801 Pacitan, Letkol (Inf) Nuri Wahyudi, menambahkan, ke depan pihaknya akan mempersiapkan data-data melalui Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

"Kita, Kodim 0801, akan mempersiapkan data-data melalui Pemerintah Kabupaten [Pacitan]. Dan, untuk anggaran, kita ajukan kepada satuan atas, dalam artian Kodam V Brawijaya. Karena, kita hanya melaksanakan yang di wilayah-wilayah, yang sudah kita data dan kita ajukan," imbuhnya.

Merasa sangat terbantu oleh langkah Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kodam V Brawijaya, dan Kodim 0801 Pacitan, warga masyarakat Sudimoro hanya bisa mengucapkan rasa terima kasih tak terhingga.

Seperti yang diutarakan Tugarno (65), salah satu perwakilan penerima bantuan jambanisasi  di Sudimoro. Dia hanya bisa berucap banyak terima kasih kepada TNI AD, karena sudah sangat membantu pembangunan jambanisasi.

"Saya hanya bisa berucap terima kasih kepada TNI AD, yang sudah banyak membantu membangun jamban," ucapnya, terbata-bata.

Diakuinya, selama hidup, ya baru saat ini bisa merasakan mempunyai jamban yang layak pakai.

"Ya, baru kali ini saja saya bisa merasakan punya jamban bersih, bagus, kokoh, dan nyaman. Kalau dulu kan cuma membuat kubangan di tanah lalu dikasih kayu buat nongkrong," imbuhnya.

Memang, bantuan jambanisasi ini sangat berguna bagi masyarakat. Sehat dan nyaman. Tidak lagi mencium aroma menyengat seperti sebelumnya. [yhr]


Komentar Pembaca