Janji PLN Sumut: Tak Ada Pemadaman Saat Libur Nataru

Daerah  MINGGU, 15 DESEMBER 2019 | 07:55 WIB | Sunarya Sultan

Janji PLN Sumut: Tak Ada Pemadaman Saat Libur Nataru

Foto/net

Moeslimchoice | Pihak PT PLN Persero Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara memastikan tidak akan ada gangguan kelistrikan saat momen Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Hal ini disampaikan General Manager PT PLN Persero UIW Sumut, M Irwansyah Putra saat menggelar jumpa pers “Keandalan Kelistrikan Sumatera utara menyambut Natal dan Tahun Baru" di Medan, Sabtu (14/12/2019).

“Kami bahkan tidak ada melakukan pekerjaan pemeliharaan agar tidak ada pemadaman. Jadi kalaupun ada listrik padam, kami pastikan itu karena kondisi gangguan alam, dan petugas kita sudah siaga mengatasinya,” jelas Irwansyah Putra.

Optimisme PLN Ini menurut M Irwansyah didasarkan kepada cadangan daya listrik yang tersedia di Sumatera Utara saat ini. Menurutnya saat ini daya listrik di Sumatera Utara sudah dalam kondisi surplus sehingga mampu mendukung kebutuhan listrik meskipun dalam kondisi beban puncak.

Selain itu, dari sisi kesiapan petugas, mereka juga sudah menyusun skema penanganan siaga terhadap gangguan-gangguan kelistrikan yang mungkin disebabkan oleh kondisi alam.

“Kita sudah memetakan potensi gangguan, dan kita sudah menyiagakan personel untuk dapat bergerak cepat jika suatu saat dibutuhkan. Kita sudah memetakan daerah yang rawan gangguan kelistrikan,” imbuhnya.

Sementara itu, Senior Manager Distribusi PLN UIW Sumut, Taufik Hidayat mengatakan, selain menyiagakan personel, mereka juga menyiapkan berbagai fasilitas pendukung untuk memastikan penanganan gangguan kelistrikan akibat kondisi alam. Hal ini juga untuk mendukung kegiatan Natal 2019 yang dipastikan akan membuat permintaan daya semakin besar.

“Ada sekitar 427 penyulang yang melayani pelanggan di Sumatera Utara. Dan kita masih memiliki cadangan sekitar 400 MW hingga 500 MW. Jadi dari sisi ketersediaan itu sangat mencukupi, sekalipun pada kondisi beban puncak. Kita juga menyiagakan ada 156 genset dan ratusan UPS untuk mendukung keandalan layanan listrik,” pungkasnya.

Saat bertemu awak media, Irwansyah Putra didampingi Senior Manager Distribusi PLN UIW Sumut Taufik Hidayat, Manager Komunikasi PLN Wilayah Sumut Rudy Artono, Manajer PLN UP3 Medan Utara Rizal Azhari, dan pejabat PLN lainnya. [nry]


Komentar Pembaca