Inilah Tiga Keunggulan Santri Menurut Menag Fachrul

Pendidikan  SABTU, 14 DESEMBER 2019 | 14:58 WIB | Sunarya Sultan

Inilah Tiga Keunggulan Santri Menurut Menag Fachrul

Foto/net

Moeslimchoice | Ratusan santri Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak Yogyakarta diberikan motivasi oleh Menteri Agama Fachrul Razi. Lebih lanjut Menag mengatakan, santri punya tiga kelebihan dibanding remaja pada umumnya.

"Seorang santri itu pasti lebih sehat, cerdas, dan amanah," ucap Menag, Kamis (12/12/2019).

Menag Fachrul menyebutkan, santri disebut lebih sehat dibanding yang lain sebab sudah terbiasa bangun Subuh.

"Dengan bangun waktu Subuh, bahkan sebelumnya, maka santri menghirup udara yang masih bersih, dan ini menyehatkan," ujarnya sambil menyampaikan bahwa mungkin saja remaja yang lain masih di dalam selimut.

Selain itu disebut cerdas karena santri tidak hanya belajar ilmu agama, tapi juga ilmu umum, bahasa, sosial dan lainnya. Dan terakhir adalah amanah.

"Santri pasti menjaga amanah dari orang tua dan menjaga amanah dari kyai. Termasuk amanah dari para pahlawan santri dan menjaga amanah dari Allah dengan jalan meningkatkan iman dan takwa," jelas Menag.

Menteri Fachrul juga mengingatkan tantangan untuk santri kelak saat mengarungi kehidupan.

"Saya ingatkan para santri bahwa kalian di sini bertemu dengan orang-orang baik. Namun, di luar sana bisa ketemu orang jahat. Maka perlu dibentengi dengan moral dan keteguhan sikap," papar Menag.

Menag juga menceritakan kisah Rasulullah yang mampu mendengar saran dari orang lain sekaligus cerdas dalam mengambil keputusan.

"Pesan utamanya sepintar apa pun kalian jangan sombong, kalau ada orang memberi saran dan masuk akal bisa digunakan," pungkasnya.

"Seperti Kyai Najib ini (KH R Muhammad Najib Abdul Qodir Munawwir, pengasuh Al Munawwir) yang memiliki ilmu tinggi namun tetap merendah seperti filsafat padi makin berisi makin tunduk," tutupnya. [nry]


Komentar Pembaca
Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Rabu, 20 Mei 2020 | 21:05

Bubarkan Fpi

Bubarkan Fpi

Ahad, 03 Mei 2020 | 19:55