Inovasi Maskara Mendapat Respon dari Presiden

Ekonomi  SABTU, 14 DESEMBER 2019 | 10:41 WIB | Sunarya Sultan

Inovasi Maskara Mendapat Respon dari Presiden

Foto/net

Moeslimchoice | Pelepasan ekspor perdana Isuzu Traga di Isuzu Karawang Plant, Kabupaten Karawang, Kamis (12/12/2019), dilakukan Presiden RI Joko Widodo. Presiden pun melihat Maskara (Mobil Aspirasi Kampung Juara) yang menjadikan Isuzu Traga sebagai platform mobil program Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Jawa Barat. 

Tahun ini, dikatakan Kadis DPMD Jabar Dedi Sopandi, pihaknya memesan 125 unit Maskara dari Isuzu. Sebanyak 112 unit sudah selesai dan mulai didistribusikan.

“Akhir November pihak Isuzu meminjam 1 unit untuk dipajang di lokasi pameran pelepasan eksport Traga,” pungkasnya, Jumat (13/12/2019).

Lebih lanjut dia menyampaikan, Maskara ikut mejeng bersama sejumlah Traga hasil modifikasi mulai dari mobil roti, mobil penumpang hingga mobil box. Kehadiran Maskara bahkan mencuri perhatian Presiden Jokowi.

“Maskara mendapat respon Presiden karena beberapa inovasi mobil itu menjadi bagian dari minat Filipina meng-impor Traga. Jadi bentukan Maskara pun membuat Filipina tertarik, kata Pak Presiden ini bagian dari kebijakan pengurangan impor,” jelasnya.

Sebagai informasi, Isuzu Traga merupakan mobil yang dijadikan platform Maskara (Mobil Aspirasi Kampung Juara) yang merupakan mobil multifungsi yang bisa dimanfaatkan warga untuk angkutan pertanian, angkut jenazah, hingga hiburan seperti layar tancap.

Mobil ini pula dilengkapi dengan seperangkat alat sound system, layar proyektor, dua buah kursi, dan genset. Mobil ini merupakan program Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang diberikan pada desa berprestasi.

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, bercerita awal mula lahirnya Maskara sebagai salah satu program unggulan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) Jabar.

"Jadi saya dapat curhatan dari warga desa di medsos (media sosial), angkut orang sakit susah, angkut barang susah, ingin nonton film nggak ada, dangdutan sewa sound system," ungkap Emil.

"Pokoknya ini (Maskara) mobil segala bisa, kalau bisa empat fungsi tadi jadi 15. Untuk angkut jualan ke pasar, boleh. Jadi saya ingin mendapat cerita, mobil ini dimanfaatkan. Saya ingin membuktikan, uang rakyat kembali ke rakyat," ujarnya.

Pada tahap awal pelepasan ekspor Traga, sebanyak 120 unit Isuzu Traga diekspor ke Filipina. Ditargetkan pada tahun depan, truk pikap multifungsi tersebut masuk ke-20 negara, seperti Afrika dan Asia Timur. [nry]


Komentar Pembaca