Polisi Sebut Mujahidin Indonesia Timur Tembak Anggotanya

Mujahidin Belum Ada Pernyataan

Nasional  SABTU, 14 DESEMBER 2019 | 05:55 WIB

Polisi Sebut Mujahidin Indonesia Timur Tembak Anggotanya

MoeslimChoice | Satu personel Brimob yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Timombala ditembak mati oleh kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT). Peristiwanya berlangsung pada, Jumat siang sekitar pukul 12.30 Wita.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono menyampaikan, penembakan itu terjadi di Desa Salubanga, Kecamatan Sausu, Parigi Mautong, Sulawesi Tengah. “(Korban bernama) Bharatu Muhammad Saepul Muhdori, Brimob Sulteng,” kata Argo kepada wartawan, Jumat, 13/12/19.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini menjelaskan, penembakan tersebut bermula saat lima orang kelompok MIT Poso menyerang warga dan anggota yang baru saja melaksanakan ibadah Salat Jumat. “Tepatnya sekitar 50 meter dari Pos Sekat Alfa 16,” jelas Argo.

Usai menyerang, lima orang kelompok MIT itu kemudian lari berpencar. Bebebrapa menit kemudia terjadi kembali penyerangan dengan menembak ke arah Pos Sekat Alfa 16 dan sempat menyandera warga serta anggota pos sekat yang pulang dari sholat jumat namun anggota pos sekat sempat melarikan diri.

Meski demikian, belum ada pernyataan dari kelompok MIT. Kelompok militan ini beroperasi di wilayah pegunungan Kabupaten Poso dan bagian selatan Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Pemimpinnya adalah Santoso yang telah meninggal diterjang peluru petugas. Selanjutnya, kepemimpinan MIT beralih ke tangan Ali Kalora. Kelompok ini telah menyatakan sumpah setia kepada Negara Islam Irak dan Syam (ISIS).


Komentar Pembaca