Lazismu, Rumah Zakat, dan Damandiri (Juga) Raih MoeslimChoice Award

Nasional  JUMAT, 13 DESEMBER 2019 | 18:35 WIB | Ida Iryani

Lazismu, Rumah Zakat, dan Damandiri (Juga) Raih MoeslimChoice Award

MoeslimChoice | Selain kepada figur perorangan, MoeslimChoice Award 2019 juga menganugerahkan penghargaan untuk beberapa lembaga filantropi (kemanusiaan). Kali ini lembaga kemanusiaan yang menerima anugerah itu adalah Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU), Rumah Zakat, serta Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri).

Lazismu menerima penghargaan untuk kategori Best Performance for Empowering Middle and Lower Economy, kinerja terbaik untuk pemberdayaan kelompok ekonomi mennengah dan bawah. Sedangkan Rumah Zakat menerima penghargaan untuk kategori Best Performance Huanity Institution, lembaga kemanusiaan dengan kinerja terbaik. Lantas Yayasan Damandiri meraih penghargaan untuk kategori The Best Prime Mover for People's Economy, lembaga terbaik dalam menggerakan ekonomi kerakyatan.

"Kami ingin mewakili kaum mustad'afin, kelompok yang masih tertinggal, untuk menyerahkan penghargaan atas jasa-jasa ketiga lembaga ini dalam memberdayakan ekonomi," ungap Ketua Panitia MoeslimChoice Award 2019 Zulfahmi Jamba, Jumat, 13/12/19. Menurut dia, masing-masing lembaga ini memiliki pendekatan dan ciri tersendiri dalam kegiatannya.

Namun, sambungnya, pendekatan yang positif berorientasi kepada kaum yang tertinggal akan selalu mendapat tempat yang pantas dalam kehidupan berbangsa. "Insya Allah juga di akhirat kelak," kata Zulfahmi.

Mewakili lembaga filantropi yang menerima penghargaan, Direktur Utama Lazismu, Hilman Latief, mengatakan, penghargaan dari MoeslimChoice adalah yang keempat pada tahun ini. Tapi, kata dia, kali ini berbeda karena yang menyaksikannya beragam, mulai dari ulama hingga wakil rakyat dan eksekutif pemerintahan di pusat dan daerah.

"Semoga penghargaan ini juga dapat meningkatkan kerja sama kami dengan para pemangku kepentingan pemberdayaan masyarakat. Termasuk juga para tokoh yang hadir di sini,"  kata Hilman usai menerima penghargaan.

Memang, dalam acara MoeslimChoice Award 2019 yang dipandu Hilbram Dunar itu, sejumlah tokoh hadir dan menerima penghargaan kepada sejumlah tokoh dan lembaga. Selain itu acara kali ini menyampaikan penghargaan lifetime achievement award (penghargaan atas pengabdian sepanjang hayat) kepada Wakil Presiden 2004-2009 dan 2014-2019 HM Jusuf Kalla.


Komentar Pembaca