MoeslimChoice Award 2019

Hidayat Nur Wahid: Umat Islam Berperan Kembalikan NKRI

Nasional  KAMIS, 12 DESEMBER 2019 | 22:41 WIB

Hidayat Nur Wahid: Umat Islam Berperan Kembalikan NKRI

Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid

MoeslimChoice | Umat Islam memiliki andil besar dalam menggairahkan kehidupan demokrasi di Indonesia. Bahkan, kembalinya Indonesia menjadi NKRI pun tak lepas dari peran umat Islam.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid, pada acara Puncak Anugerah MoeslimChoice Award 2019 di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), Pasar Baru, Jakarta Pusat, Kamis (12/12/2019) malam.

Menurut HNW, sapaan akrab Hidayat Nur Wahid, melalui berbagai manuver dan sikap kritisnya di parlemen, umat Islam berhasil menyelamatkan prinsip-prinsip demokrasi di alam politik Indonesia.

HNW menjadi salah satu penerima penghargaan Democracy Figures dari MoeslimChoice Award 2019.

Ia adalah seorang dosen, politikus, legislator Indonesia, juga mantan Ketua MPR RI. Kiprah Hidayat Nur Wahid untuk kemajuan umat dan demokrasi Indonesia tidaklah bisa diragukan.

Selain terlibat aktif di berbagai kegiatan syiar, seperti Forum Dakwah Islam (FDI), Hidayat Nur Wahid pernah diamanahkan sebagai Ketua Koordinator Tim Agama di Forum Indonesia Damai (FID) yang digagas tokoh-tokoh lintas agama di Indonesia.

Dalam pandangannya, perkembangan demokrasi di Indonesia belakangan ini menghadapi dua masalah yang sama-sama pelik.

Di satu sisi, berkembang Islamophobia, ketakutan terhadap Islam dan umatnya, yang dianggap berseberangan dengan demokrasi.

Namun, di sisi lain, umat Islam yang mayoritas di negeri ini juga perlu mendengar pandangan pihak luar yang melihat memang ada sebagian warga yang mengalami Indonesiaphobia, ketakutan-ketakutan bahwa Indonesia yang berdemokrasi akan memusuhi Islam dan umatnya.

Ia memilih peran di tengah-tengah untuk mencapai saling pengertian yang selanjutnya mengikis Islamophobia maupun Indonesiaphobia.

Oleh sebab itulah MoeslimChoice memilihnya sebagai salah satu Democracy Figures untuk tahun ini.

Sejumlah tokoh nasional, baik dari struktur Kabinet Indonesia Maju, pemerintahan daerah, ulama, budayawan, seniman, maupun lembaga-lembaga penggerak ekonomi syariah berkumpul pada momen jelang tutup tahun tersebut, yang bertepatan dengan milad ke-2 media MoeslimChoice Network (MoeslimChoice Magazine, moeslimchoice.com, dan MCTV).

Pada ajang MoeslimChoice Award kali ini, terdapat puluhan figur yang dinilai berpengaruh sepanjang tahun 2019 sebagai penerima penghargaan.

Mereka, para penerima award tersebut, terbagi dalam beberapa kategori, antara lain Democracy Figures, Good Government, Ulama, Artist, Humanitarian Institution, Sharia Financial Institution, serta Hajj and Umrah Organizer.

Selain itu, ada dua kategori penghargaan khusus, yakni Lifetime Achievement, yang diberikan kepada mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Men of the Year 2019.

Tahun ini merupakan jilid kedua dari ajang MoeslimChoice Award. Pada jilid pertamanya, tahun 2018, MoeslimChoice menganugerahkan penghargaan kepada sejumlah tokoh nasional, antara lain KH Ma’ruf Amien, Sandiaga Salahuddin Uno, Anies Baswedan, Yusril Ihza Mahendra, Rizal Ramli, Habib Rizieq Shihab, dan sebagainya.

Di sela-sela penganugerahan penghargaan, ajang MoeslimChoice Award kali ini dimeriahkan pula dengan pementasan drama tiga babak, mengusung tema “Ekonomi Syariah”, “Siapa yang Memecah Belah Umat”, dan “Umat Bersatu”. [yhr]


Komentar Pembaca